Wagub Nae Soi Ajak Peserta AAWC untuk Kunjungi Semua Daerah Pariwisata NTT di NTT

oleh -117 Dilihat

Suara-ntt.com, Labuan Bajo-Wakil Gubernur NTT, Joseph A. Nae Soi mengajak semua delegasi dari seluruh Benua Asia untuk mengunjungi semua daerah pariwisata di NTT.

“Selamat datang kepada semua delegasi dari seluruh Asia dan jangan lupa untuk mengunjungi semua daerah pariwisata di Nusa Tenggara Timur selain Komodo karena NTT merupakan ring of beauty,” kata Wagub NTT pada pembukaan acara The 2nd Asia International Water Week (AIWW) Tahun 2022 di Labuan Bajo-Manggara Barat pada Senin, 14 Maret 2022.

Ditegaskan, Nusa Tenggara Timur akan memanfaatkan waduk dan embung-embung yang sudah dan sedang dibangun untuk menanggulangi masalah air bersih sehingga tidak kesulitan air. Hal ini penting seiring dengan upaya Pemprov NTT dalam mengembangkan pariwisata, memberantas kemiskinan dan stunting yang masih tinggi.

Sebelumnya Wakil Gubernur (Wagub) NTT Josef Nae Soi beserta Ibu Maria Fransiska Nae Soi dan Anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Provinsi Nusa Tenggara Timur  menjemput Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin didampingi Ibu Wury Ma’ruf Amin beserta rombongan yang menggunakan Pesawat Khusus Kepresidenan Boeing 737-400 TNI AU saat tiba di Bandara Labuan Bajo untuk membuka The 2nd Asia International Water Week (AIWW) Tahun 2022.

Event ini dihadiri para menteri, pakar dan praktisi dari beberapa negara, pemimpin lembaga publik dan perusahaan air, serta pembuat undang-undang atau legislator dari negara anggota Asia Assembly Water Council (AAWC) untuk berbagi praktik terbaik dan pembelajaran, kebijakan air inovatif dan solusi teknis dengan tema ‘Sustainable, Clean, and Sufficient Water for All.

Kegiatan tersebut dihadiri Presiden Dewan Air Asia (AWC) Jae-Hyeon Park dan Sekretaris Jenderal PBB ke-8 Ban Ki-Moon ini merupakan rangkaian acara kepresidenan G20 yang diselenggarakan oleh pemerintah Indonesia, dan juga sebagai persiapan Indonesia menjadi tuan rumah Forum Air Dunia (WWF) ke-10 pada 2024 mendatang.

Harapan mantan Sekjen PBB, Ban Ki-Moon bahwa jika tidak menjaga lingkungan maka dunia akan krisis air.

“Kita harus hemat dalam menggunakan air,”ungkapnya.

Hadir mendampingi Wapres RI dalam kunjungan ini, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo, Kepala Sekretariat Wakil Presiden Ahmad Erani Yustika, Staf Khusus Wapres Bidang Komunikasi dan Informasi Masduki Baidlowi, Staf Khusus Wapres Bidang Reformasi Birokrasi Mohamad Nasir, dan Staf Khusus Wapres Bidang Politik dan Hubungan Kelembagaan Robikin Emhas. (HT)