Untuk Pertama Kali dalam Sejarah, Pemda Sumba Tengah Raih Opini WTP

oleh -225 Dilihat

Suara-ntt.com, Waibakul-Untuk pertama kali dalam sejarah, Pemerintah Daerah Kabupaten Sumba Tengah meraih opini Wajar Tanpa Pengeculian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia Perwakilan NTT.

Kepala Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia Perwakilan NTT di Kupang, Adi Sudibyo menyampaikan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) BPK atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Sumba Tengah Tahun Anggaran 2020 secara virtual melalui aplikasi zoom meeting.

LHP LKPD Tahun Anggaran 2020 tersebut diserahkan kepada Bupati Sumba Tengah, Paulus S. K. Limu didampingi Wakil Bupati Sumba Tengah,  Daniel Landa, Ketua DPRD Kabupaten Sumba Tengah, Tagela Ibisola, Sekretaris Daerah,  Umbu Eda Pajangu, Inspektur pada Inspektorat Daerah, Umbu Sulung, dan Plt. Kepala Badan Keuangan Daerah, Ferdinant Umbu Kabalu.

Kepala Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia Perwakilan NTT di Kupang, Adi Sudibyo mengatakan penyerahan LHP LKPD merupakan amanat Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2004 Tentang Pemeriksaan Pengelolaan dan Tanggung Jawab Keuangan Negara.

“Atas LKPD Kabupaten Sumba Tengah Tahun Anggaran 2020, BPK memberikan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), opini WTP ini merupakan opini pertama bagi Pemerintah Kabupaten Sumba Tengah, walaupun masih terdapat beberapa catatan yang menjadi temuan BPK,”katanya.

Dirinya mengharapkan agar Pemerintah Kabupaten Sumba Tengah segera menindaklanjuti beberapa catatan yang menjadi temuan BPK tersebut, sehingga tidak menjadi lebih besar dan dapat mempengaruhi opini di tahun mendatang.

“Sebagai Wakil Rakyat kami turut berbangga dan mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Sumba Tengah dan jajaran atas kerja keras yang ditunjukkan, sehingga BPK RI Perwakilan NTT memberikan opini WTP ini yang mana opini tersebut merupakan berkat yang diraih Kabupaten ini selama 14 tahun berdiri,”ungkap Ketua DPRD Kabupaten Sumba Tengah, Tagela Ibisola.

Pemerintah Daerah dan masyarakat Sumba Tengah bersyukur dan berterima kasih atas hasil pemeriksaan BPK RI Perwakilan Provinsi NTT atas LKPD Tahun Anggaran 2020 dengan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Sumba Tengah, saya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kepala BPK Perwakilan Provinsi NTT berserta jajarannya, penanggungjawab, tim pengendali teknis, dan tim pemeriksa pendahuluan yang telah memberikan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas LHP LKPD Tahun Anggaran 2020,” ujar Bupati Sumba Tengah, Paulus S. K. Limu.

“Kiranya opini WTP yang kami raih atas LPKD Tahun Anggaran 2020 akan menambah energi dan semangat kami untuk terus mengemban tugas dan tanggungjawab pelaksanaan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan kemasyarakatan dalam menjawab kebutuhan dan permasalahan riil yang terjadi di daerah dengan tetap mematuhi seluruh ketentuan dan regulasi yang berlaku.” Ucap Bupati.

Berkaitan dengan catatan BPK RI Perwakilan NTT atas temuan 3 (tiga) hal yang masih menjadi catatan khusus BPK, pihaknya akan membentuk tim khusus dan segera membuat rencana aksi untuk segera ditindaklanjuti.

“Kami menyadari bahwa kedepan upaya mempertahankan opini WTP jauh lebih berat dari pada upaya yang kami lakukan selama ini untuk meraihnya. Akan tetapi dengan semangat dan komitmen Pemerintah Daerah dan DPRD serta dukungan para pihak terkait antara lain BPK, BPKP, KPK, dan Pemerintah Provinsi NTT, maka kami terus berusaha untuk mempertahankan pada tahun- tahun mendatang,”pungkasnya. (HT/Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Kabupaten Sumba Tengah)