Saat Ini Medsos Masih Disalahgunakan Oknum Tak Bertanggung Jawab

oleh -84 Dilihat

Suara-ntt.com, Mbay-Dalam era digital saat ini media sosial (Medsos) menjadi salah satu media alternatif dalam memperoleh informasi. Namun sangat miris karena kebanyakan orang atau oknum salah menggunakan medsos itu secara tidak bertanggung jawab.

Hal itu dikatakan Wakil Bupati Nagekeo, Marianus Waja ketika membuka secara resmi Pertunjukan Rakyat Virtual Indonesia Sehat Ekonomi Bangkit yang di selenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (KEMENKOMINFO RI) bekerjasama dengan Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) bertempat di Hotel Pepita Nagekeo pada Selasa, 26 Oktober 2021.

Kegiatan Pertunjukan Rakyat Virtual Indonesia Sehat Ekonomi Bangkit dengan tema ‘Pemberdayaan & Inovasi Teknologi Digital Untuk Meningkatkan Produktivitas Ekonomi Bisnis’ ini di lakukan secara offline dan online melalui Zoom dan YouTube.

Pertunjukan Rakyat ini menampilkan budaya dan kesenian dari Kabupaten setempat seperti tari-tarian daerah dan juga performa band lokal yang menyanyikan lagu-lagu daerah khas Provinsi NTT.

Pertunjukan Rakyat Virtual ini juga menghadirkan narasumber-narasumber yang membawa kan materi terkait teknologi digital dan manfaatnya serta menghadirkan Host Fath Papu dan Ryan Depa

Wabup Marianus mengatakan, di masa pandemi COVID-19, media sosial menjadi efektif karena memudahkan orang berinteraksi dengan peralatan digital yang canggih. Kementerian KOMINFO bersama KPCPEN menyelenggarakan Pertunjukan Rakyat Virtual untuk Indonesia Sehat Indonesia Bangkit, dengan mengusung tema ‘Pemberdayaan & Inovasi Teknologi Digital Untuk Meningkatkan Produktivitas Ekonomi Bisnis’

Wakil Bupati Nagekeo, Marianus Waja, SH saat memberikan sambutan dan membuka dengan resmi kegiatan Pertunjukan Rakyat Virtual Indonesia Sehat Ekonomi Bangkit, bertempat di Hotel Syifa Nagekeo, Selasa (26/10/2021). Dokumentasi : YouTube (Maksimal Promosindo)

“Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Nagekeo memberikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada KEMKOMINFO dan KPCPEN yang sudah menyelenggarakan kegiatan Pertunjukan Rakyat Virtual Indonesia Sehat Ekonomi Bangkit di Kabupaten Nagekeo. Lewat kegiatan ini pula masyarakat dapat lebih memahami betapa luhur budaya nenek moyang kita dan patut kita lestarikan,” ungkapnya.

Panitia Pertunjukan Rakyat Virtual Indonesia Sehat Ekonomi Bangkit, Bobby Ciputra, S.I.P saat menyerahkan plakat penghargaan kepada Wakil Bupati Nagekeo, Marianus Waja, SH, Selasa (26/10/2021) Dokumentasi : YouTube (Maksimal Promosindo)

Dirinya mengharapkan dengan berkembangnya teknologi digital dapat dimanfaatkan secara baik serta bijak oleh semua kalangan demi mempererat persaudaraan, meningkatkan ekonomi dan mewujudkan Nagekeo yang sejahtera, nyaman dan bermartabat dalam tag line mari kita berubah untuk Indonesia Sehat Indonesia Bangkit,”ungkapnya.

Perwakilan dari Ditjen Informasi dan Komunikasi Publik KEMENKOMINFO RI,  Mulyani saat membacakan sambutan Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik KEMENKOMINFO RI mengatakan, pandemi COVID-19 sudah berlangsung hampir dua tahun dan sampai ini juga masih ada, walaupun angka positifnya sudah mulai menurun dan membaik. Namun virus ini memang fenomena yang mendunia. 

“Kondisi pandemi COVID-19 juga membawa dampak besar bagi masyarakat di Indonesia termasuk bagi masyarakat yang ada di Kabupaten Nagekeo. Meskipun demikian kita tidak boleh terpuruk dengan keadaan ini, kita harus tetap bangkit. Sebagai generasi bangsa di saat yang sulit kita harus bisa mengembangkan pemikiran yang kreatif agar siap menghadapi era new normal. Terlebih khususnya lagi bagi generasi milenial perlu meningkatkan kreatifitas termasuk dalam belajar, bahkan bekerja dan berbisnis” ujarnya.


Perwakilan dari Ditjen Informasi dan Komunikasi Publik KEMENKOMINFO RI, ibu Mulyani saat membacakan sambutan Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik KEMENKOMINFO RI, pada kegiatan Pertunjukan Rakyat Virtual Indonesia Sehat Ekonomi Bangkit yang berlangsung di Kabupaten Nagekeo, Selasa (26/10/2021). Dokumentasi : YouTube (Maksimal Promosindo)

Menjadi salah satu solusi untuk menghadapi dan beradaptasi dengan era new normal adalah transformasi digital dalam bidang pemasaran. Disini Kementerian KOMINFO juga sudah meluncurkan beberapa hari yang lalu literasi digital oleh MENKOMINFO secara Nasional. Dan Presiden juga sebelumnya sudah mencanangkan transformasi digital tersebut.

Dikatakan, di era media sosial saat ini bermunculan juga e-commerce untuk berjualan secara online. e-commerce ini banyak membantu Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) ditengah pandemi Covid-19, karena dalam keadaan sulit akibat pandemi para pelaku UMKM masih bisa memasarkan produk-produknya melalui e-commerce, tambahnya.

“Transformasi pemasaran konvensional ke pemasaran digital ini menjadi tantangan bagi para pelaku UMKM, yakni bagaimana dapat memperluas jaringan pemasaran dan mendorong roda perekonomian. Kami juga berharap Dinas KOMINFO di daerah dan Dinas-dinas lainnya dapat mendukung dan menjembatani potensi usaha-usaha kreatif melalui platform digital,” ujarnya.

Pada kesempatan ini dianjurkan juga agar masyarakat cerdas menggunakan media sosial dan hindari hoax serta terus terapkan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari, aktif menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun serta menjaga jarak. (HT)