Progres Pekerjaan RSUP Kupang Sudah Capai 66 Persen dan Segera Beroperasi

oleh -204 Dilihat

Suara-ntt.com, Kupang-Progres pekerjaan Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) atau RSUP Vertikal Kemenkes sejauh ini sudah mencapai 66 persen dan akan segera beroperasi pada bulan Juli 2022 mendatang.

RSUP itu dibangun di Kelurahan Manulai II Kecamatan Alak Kota Kupang NTT dan akan menjadi Pusat Pelayanan Jantung Terpadu dan akan melayani seluruh masyarakat Nusa Tenggara Timur.

“Pembangunan fisik sampai saat ini sudah sampai 66 persen dan target bulan Juli 2022 sudah mulai beroperasi,” kata Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan (Dirjen Yankes) Kemenkes RI Prof. dr. Abdul Kadir, Ph.D, Sp. THT-KL(K), MARS saat memberikan sambutan dalam Acara Penandatanganan Naskah Hibah Daerah di Lokasi Pembangunan RSUP Kupang pada Kamis, 24 Pebruari 2022.

Dia mengucapkan terima kasih kepada Pemprov NTT dalam hal ini Gubernur, Wakil Gubernur, Forkopimda dan SKPD yang membantu Kemenkes untuk bersama merealisasikan pembangunan gedung rumah sakit ini. Dimana Pemerintah NTT menghibahkan tanah seluas 18 hektare untuk pembangunan itu.

“Kita juga sudah masuk pada langkah pengadaaan peralatan kesehatan dengan anggaran 200 miliar rupiah. Dari yang paling standar hingga adanya CT Scan, dan radio terapi. Kita harapkan rumah sakit ini akan jadi pusat pelayanan jantung terpadu, penyakit stroke, serta pelayanan kanker,”ungkapnya.

Ia mengatakan bagi masyarakat yang sakit langsung berobat ke sini di RSUP Vertikal Kupang.

“Alat lengkap dengan SDM yang hebat. Kita tempatkan SDM disini adalah tenaga medis anak-anak NTT juga nantinya. Kita tempatkan dokter jantung juga disini untuk penanganan yang baik serta operasi bedah jantung disini. Kita bukan hanya layani kupang saja tetapi juga masyarakat seluruh NTT.”

“Saya juga pesan kepada Pemprov bila ada dokter yang ingin melanjutkan studi ke jenjang spesialis juga akan kami bantu melalui beasiswa kemenkes,”tambahya.

Dirinya mengharapkan agar membangun akses jalan yang baik untuk kendaraan serta desain taman di RSUP tersebut.

“Kita juga mau akses jalan juga diperbaiki dengan desain grand hospital yaitu 60 persen pembangunan fisik dan 40 persen taman yang indah sehingga memberikan tampilan view yang indah,”pungkasnya.

Sementara itu Wakil Gubenur NTT, Josef Nae Soi memberi apresiasi kepada Kementerian kesehatan.

“Terima kasih Kemenkes untuk RSUP Kupang yang sementara sudah dibangun ini dan sudah mulai nampak baik. Kita usahakan agar pembangunan terus berjalan lancar dan kami koordinasikan dengan Dinas PUPR untuk bangun akses jalan yang baik disini,” kata Wagub Nae Soi.

“Kita usahakan juga ada taman juga disini hal tersebut untuk mempengaruhi psikis dari pasien menjadi lebih merasa tenang dan senang sehingga berdampak pada kesembuhannya,” ungkapnya.(HT)