Politeknik elBajo Commodus Siap Ciptakan SDM Handal dan Mampu Bersaing di Dunia Industri

oleh -101 Dilihat

Suara-ntt.com, Kupang-Komitmen Politeknik elBajo Commodus untuk menciptakan sumber daya manusia SDM yang handal, unggul dan siap bersaing di dunia usaha dan industri di Kabupaten Manggarai Barat (Mabar)- Labuan Bajo.

“Komitmen kita untuk hasilkan SDM yang handal, unggul dan tidak kalah bersaing dari luar serta tidak menjadi penonton di daerahnya sendiri,” kata Fitri Ciptosari ketika membawakan materi tentang Program Menara Vokasi 2021 ‘Media Gathering’ Diskusi, Komunikasi, dan Kolaborasi Media Dalam Penguatan Vokasi dan Pembangunan Daerah di Hotel Naka Kupang pada Selasa, 30 November 2021.

Fitri mengatakan, Politeknik dan SMK elBajo Commodus dibangun sesuai dengan potensi dan industri di daerah termasuk jurusan-jurusan yang dikembangkan.

Alasan Politeknik elBajo Commodus
memilih jurusan pariwisata karena perkembangan dunia usaha kemudian industri-industri yang berkembang juga banyak sehingga dibutuhkan sumber daya manusia (SDM) yang mampu bersaing. Selain itu membuka peluang bagi masyarakat lokal sehingga dituntut memiliki kompetensi di bidang industri dan bisa mengelola potensi yang ada di daerah tersebut.

“Menara vokasi menawarkan dan bisa mencetak SDM sesuai dengan potensi dan industri daerah. Alasan kenapa orang memilih untuk sekolah atau kuliah dengan memilih vokasi karena ada jaminan untuk memperoleh sebuah ketrampilan atau keahlian,”ungkapnya.

Dikatakan, Politeknik eLBajo Commodus merupakan salah satu dari lima Politeknik di Indonesia yang dipercayakan untuk menjalankan program Menara Vokasi yang dinisiasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia.

“Kami dipilih bersama empat politeknik lainnya di Indonesia untuk menyebarkan kegiatan menara vokasi ini,”ucapnya.

“Berkaitan dengan kegiatan vokasi kami libatkan dunia usaha industri, pemerintah daerah, akademisi, dan lainnya untuk membicarakan potensi di daerah untuk dikembangkan,”tambahnya.

Dijelaskan, pengembangan destinasi pariwisata super prioritas di Labuan Bajo dibutuhkan SDM yang unggul dan handal. Melalui program pendidikan menara vokasi dapat mengubah pola pikir (mindset) masyarakat bahwa menjadi seorang sarjana itu tidak cukup tetapi harus didukung atau ditunjang dengan ketrampilan.

Lebih lanjut kata dia, program pendidikan menara vokasi yang Politeknik dan SMK elBajo adalah mendorong masyarakat untuk menyekolahkan anak mereka dan bekerja disini dengan memaksimalkan potensi di daerah. Itu bedanya pendidikan vokasi dengan yang lain.

“Kami tawarkan masyarakat untuk belajar, bekerja dan menjadi aktor pembangunan di daerahnya sendiri,” bebernya.

Dia juga menjelaskan, keunggulan dari menara vokasi itu tidak berjalan sendiri tetapi harus bergandengan dengan dunia industri. Selain itu menara vokasi juga menawarkan praktek kerja bukan hanya teori. Ternyata persoalan menara vokasi tidak dapat berjalan dan tidak menghasilkan lulusan yang baik karena kurikulum dan kompetensinya tidak dikembangkan bersama dunia industri.

“Dengan demikian, kami dalam pengembangan pendidikan menara vokasi ini menyampaikan bahwa untuk bersama-bersama mendorong SDM yang ada menjadi unggul dan kerja serta menjadi aktor pembangunan di daerah. Kemudian harus didukung oleh dunia usaha dan industri. Selain itu juga didukung oleh pemerintah dan media serta semua stackholder yang ada,”jelasnya.

Untuk menciptakan SDM yang unggul dan tidak kalah bersaing dari luar serta tidak menjadi penonton di daerahnya sendiri maka perlu ada penguatan kebijakan dari pemerintah.

Dalam kesempatan itu Fitri juga mengatakan, peran media sangat dibutuhkan dalam mengubah mintsed masyarakat dalam memberikan pendidikan dan pemahaman agar anak-anak muda bisa hidup mandiri.

Sementara itu Humas dan Kerjasama Politeknik eLBajo Commodus, Yulianis Pauli menambahkan guna menjawab SDM unggul melalui Vokasi, maka Politenik eLBajo Commodus bisa menjadi salah satu solusi bagi warga NTT, khususnya Labuan Bajo. Walaupun baru tiga tahun berdiri dengan memiliki enam program studi (Prodi) namun Politeknik eLBajo Commodus punya fasilitas yang mumpuni bagi mahasiwa yang menempuh pendidikan disana. 

“Kami punya fasilitas praktek untuk semua program studi, seperti perhotelan, kami miliki hotel 18 kamar untuk praktek mahasiswa,” kata Yulianis Pauli.

Untuk diketahui bahwa Politeknik eLBajo Commodus didirikan oleh
Yayasan Bangkit Anak NegeriKu.
Dan hadir dalam diskusi dengan media antara lain mewakili Direktur Politeknik eLBajo Commodus, Ondi Asroni, PIC Program Menara Vokasi Politeknik eLBajo, Fitri Ciptosari, dan Bidang Humas dan Kerjasama, Yulian Pauli. (Hiro Tuames)