Peristiwa Natal Hendaknya jadi Sumber Inspirasi untuk Tingkatkan Toleransi dan Persaudaraan

oleh -50 Dilihat

Suara-ntt.com, Kupang-Penjabat Gubernur NTT, Ayodhia Kalake mengatakan momentum perayaan Natal dapat meningkatkan iman dan membagikan kasih serta damai sejahtera bagi sesama. Kemudian Peristiwa Natal juga hendaknya menjadi sumber inspirasi untuk menumbuhkembangkan toleransi, persaudaraan, dedikasi, motivasi serta semangat juang dalam meningkatkan kualitas sosial dan pengabdian keluarga besar Korem 161/Wira Sakti Kupang kepada masyarakat.

“Perayaan Natal yang kita rayakan hari ini merupakan momentum untuk terus meningkatkan dan membangun kualitas iman serta membagikan kasih dan damai sejahtera kepada sesama yang ada di sekitar kita. Peristiwa Natal hendaknya menjadi sumber inspirasi untuk menumbuhkembangkan toleransi, persaudaraan, dedikasi, motivasi serta semangat juang dalam meningkatkan kualitas sosial dan pengabdian keluarga besar Korem 161/Wira Sakti Kupang kepada masyarakat,”kata Ayodhia Kalake saat menghadiri Perayaan Natal Bersama Korem 161/Wira Sakti Kupang bertemakan _Kemuliaan bagi Allah dan Damai sejahtera di Bumi_ dan sub tema _Melalui Perayaan Natal Kita Mampu Meningkatkan Kualitas Kerja, Bersama Pemilik Jalan Kebenaran dan Hidup_, bertempat di Aula Sudirman Makorem 161/Wira Sakti pada Rabu (10/1/2024).

Pada kesempatan itu Penjabat Gubernur atas nama Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur turut mengucapkan Salam Damai Natal dan Selamat Tahun Baru 2024 bagi segenap Keluarga Besar Korem 161/ Wira Sakti Kupang.

Menurutnya, Perayaan Natal merupakan perayaan yang penuh sukacita, sehingga beliau berharap hal ini hendaknya menumbuhkan semangat dan harapan baru dalam menjalani kehidupan dan rutinitas dalam pelaksanaan tugas, karya dan pengabdian masing-masing.

“Perayaan Natal Bersama seperti ini merupakan kesempatan bagi kita khususnya keluarga besar Korem 161/Wira Sakti Kupang untuk membangun tali silahturahmi, membangun rasa persaudaraan dan kebersamaan. Saya berharap Korem 161/Wira Sakti Kupang dapat menjadi panutan dan teladan dalam mengembangkan semangat kerukunan dan toleransi antar sesama anggota atau prajurit yang berbeda suku, agama dan budaya,”ungkapnya.

Dia mengajak seluruh keluarga besar Korem 161/Wira Sakti Kupang agar ditahun yang baru ini terus memperkokoh semangat kemitraan bersama pemerintah daerah. Ia mengungkapkan, NTT sebagai beranda terdepan dan terluar NKRI yang berbatasan darat dengan Negara Timor Leste serta berbatasan Laut dengan Negara Australia membutuhkan kehadiran dan peran aktif TNI untuk menjaga keutuhan dan kedaulatan negara.

“Saya juga berharap agar berbagai bentuk kegiatan sosial kemasyarakatan yang merupakan wujud nyata kemanunggalan TNI bersama rakyat, kiranya dapat terus ditingkatkan. Kerja kolaborasi merupakan kunci utama dalam mengatasi berbagai persoalan yang masih membelenggu daerah ini seperti kemiskinan dan kemiskinan ekstrem, stunting, Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) dan Pekerja Migran Non Prosedural dan berbagai permasalahan lainnya,”ucapnya.

Lebih lanjut dia menghimbau bahwa saat ini sedang memasuki masa kampanye untuk pemilihan Presiden dan Legislatif yang akan dilaksanakan pada 14 Februari 2024 mendatang dan nantinya akan diikuti dengan pemilihan Kepala Daerah serentak. Dengan mengedepankan prinsip netralitas, keterlibatan TNI dalam pengamanan Pemilu Serentak 2024 dilaksanakan dalam bentuk tugas perbantuan kepada Polri.

“Polri bersama TNI hendaknya dapat membangun kerja sama sinergis untuk mengawal seluruh tahapan pelaksanaan pemilu di Provinsi ini agar dapat berjalan dengan aman, jujur, adil dan demokratis. Kemudian institusi ini diharapkan dapat memetakan potensi daerah dan situasi rawan serta menyiapkan langkah-langkah strategis, terpadu dan komprehensif untuk mengatasi berbagai gangguan Kantibmas selama proses pelaksanaan tahapan Pemilu Serentak 2024. Mari kita terus berupaya menebarkan damai sejahtera melalui tugas dan karya pengabdian kita untuk NTT Maju dan Sejahtera,”ajaknya.

Sementara ituKomandan Korem 161/ Wira Sakti Brigjen TNI Febriel Buyung Sikumbang menyampaikan,

“Saya mengucapkan selamat damai natal tahun 2023 kepada seluruh masyarakat kristiani di Provinsi NTT dan Tahun Baru 2024 bagi seluruh masyarakat Provinsi NTT. Bagi umat kristiani, perayaan natal adalah momen sakral tentang peristiwa kelahiran Yesus Kristus yang hadir ke dunia bagi manusia. Oleh karena itu, kiranya damai Natal membawa semangat kerjasama dalam sinergitas yang dilandasi kasih tulus dalam karya keselamatan dari Allah bagi seluruh umat manusia yang sejalan dengan tema perayaan natal hari ini yaitu kemuliaan bagi Allah dan Damai sejahtera di Bumi dan sub tema Melalui Perayaan Natal Kita Mampu Meningkatkan Kualitas Kerja, Bersama Pemilik Jalan Kebenaran dan Hidup, kiranya dapat kita wujudkan dalam tugas kerja kita sehari-hari untuk kepentingan bangsa dan negara. Apresiasi juga kami sampaikan kepada seluruh hadirin dan semua pengisi acara yang luar biasa hari ini. Salam damai Natal 2023 dan tahun baru 2024,”ungkapnya.

Untuk diketahui, berdasarkan Laporan Ketua Panitia Natal 2024 oleh Kolonel. Inf. Agusto Moniz Lopes, momen perayaan Natal ini turut dimeriahkan oleh penampilan sejumlah Paduan Suara (PS) diantaranya, PS Polda NTT, PS Bela Kantare, PS Sanjose, PS Counter Melodi dan PS OMK St. Yoseph.

Turut hadir pada acara ini Jajaran Forkopimda Provinsi NTT, Perwakilan Tokoh Agama Kupang serta jajaran personil dan PNS Korem 161/ Wira Sakti Kupang. ****