Pemimpin Itu Cermin Kasih Kristus yang Melayani

oleh -221 Dilihat

Suara-ntt.com, Kupang-Pastor Paroki St. Fransiskus dari Assisi BTN-Kolhua, Romo Longginus Bone mengatakan, pemimpin itu cermin kasih sosial, teladan, dan ujung tombak cita hidup umat yang harus bekerja sama dan sama- sama bekerja demi memperbaiki segala kepincangan hidup yang ada dalam hidup umat.

“Belajar dari Yesus Kristus sendiri yang mengorbankan diri demi kebaikan seluruh umat, juga Santo Yohanes Pembaptis yang rela menjadi alat untuk mewartakan Kristus sang Penebus sejati dan juga Santo Gregorius Agung yang mengorbankan diri demi cintanya kepada Kristus yang Agung, Demikian sewajarnya seorang pemimpin bertindak. Pemimpin itu mengorbankan, memperbaiki, membangun dan diatas segalanya: pemimpin itu mencintai,” kata Romo Dus ketika melantik pengurus Wilayah VI, pengurus kelompok umat basis (KUB) St. Gregorius Agung dan pengurus KUB St. Yohanes Pembaptis melalui sebuah Perayaan Ekaristi Kudus pada Kamis, 23 Juni 2022.

Romo Longginus atau yang sering akrab disapa Romo Dus dalam renungan biblisnya menegaskan pentingnya suatu kepemimpinan yang melayani.

“Menjadi pemimpin bukan saja berarti hal menjadi perumus kebijakan dan kewenangan untuk dihimbaukan ke tengah umat. Menjadi pemimpin itu berarti menjadi pioner terdepan dalam menjalankan segala kebijakan dan kewenangan yang telah ada,”ungkapnya.

“Proficiat kepada pengurus Wilayah VI, pengurus KUB St. Gregorius Agung dan pengurus KUB St. Yohanes Pembaptis yang baru saja dilantik menjadi pemimpin baru yang akan segera mewujudkan sebuah wajah kepemimpinan yang baru, serta limpah terima kasih disampaikan kepada para pengurus lama yang telah dengan penuh kasih memimpin wilayah dan Kelompok Umat Basis ini,”tambah Romo Dus.

Sementara itu Ketua Dewan Pastoral Paroki, Adrianus Ceme juga menegaskan hal yang sama bahwa menjadi pemimpin itu berarti menjadi pelayan yang harus selalu siap berkorban demi umat. Pengorbanan waktu dan tenaga menjadi hal ikhlas yang perlu ditunjukkan seorang pemimpin yang hebat. Pengurus yang baru diharapkan dapat membangun kerja sama yang baik dengan para pastor dan dewan pastoral paroki seperti yang sudah sangat baik ditunjukkan oleh pemimpin sebelumnya. (HT)