Pemda Sumba Tengah dan Pengusaha Ternak sedang Jajaki Kerjasama untuk Kembangkan Ranch Peternakan

oleh -104 Dilihat

Suara-ntt.com, Waibakul-Saat ini Pemerintah Daerah Kabupaten Sumba Tengah bersama seorang pengusaha muda sedang jajaki kerjasama pengembangan ranch peternakan untuk meningkatkan populasi ternak sapi. Hal itu dilakukan untuk mengembalikan kejayaan populasi ternak seperti di masa lampau.

“Sistem ranch atau pola peternakan sapi berbasis padang penggembalaan sangat cocok untuk kita dikembangkan di Sumba Tengah,” kata Yonatan Hani seorang Pengusaha Muda yang bergerak di sektor peternakan.

Yonatan Hani mempunyai niat yang tulus membantu masyarakat Sumba Tengah untuk mewujudkan mimpi besar menjadikan Kabupaten Sumba Tengah sebagai sentral penghasil dan pengekspor ternak sapi unggulan di Indonesia.

Yonatan Hani mengatakan, wilayah Tengah dan Pantura Kabupaten Sumba Tengah memiliki banyak lahan-lahan tidur yang sangat potensial untuk dikelola menjadi sesuatu yang bernilai.

“Kemarin ketika saya berkunjung kali pertama di wilayah Tengah tepatnya di Desa Maradesa Selatan Kecamatan Umbu Ratu Nggay Tengah ada hamparan padang luas yang sangat menjanjikan. Dan hari ini saya kembali meninjau wilayah pantura di Kecamatan Umbu Ratu Nggay dan Kecamatan Mamboro Saya karena lahan disini begitu menjanjikan untuk bisa dikembangkan menjadi sesuatu yang bermanfaat dan berharga,”ungkapnya.

Menurut Yonatan Hani luasan lahan yang dibutuhkan untuk pengembangan peternakan berbasis padang penggembalaan (ranch) adalah seluas 15 ribu hektar dengan populasi ternak yang akan dikembangkan sebanyak 10 ribu ekor. Dimana semua prosedur pengelolaan didalamnya dilakukan secara otomatis.

Sementara itu Bupati Sumba Tengah, Paulus S. K. Limu mengapresiasi niat baik dan ketulusan seorang pengusaha muda sukses yang ingin membantu masyarakat lewat pengembangan ternak sapi.

“Beliau datang kesini karena atas rasa kepedulian untuk membantu kami di Sumba Tengah lewat pengembangan peternakan sapi yang bertujuan untuk mensejahterahkan para peternak sapi,” ujarnya.

“Beliau datang kesini atas undangan saya. Tidak hanya itu, tetapi karena beliau mempunyai kepedulian dan ketulusan dari dalam hatinya untuk mau membantu kita di wilayah Umbu Ratu Nggay Tengah, Umbu Ratu Nggay dan Mamboro serta Sumba Tengah seluruhnya,” tambahnya. (HT/Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Sumba Tengah)