Pangdam IX/Udayana Resmikan Sumur Bor di Kabupaten Kupang

oleh -65 Dilihat

Suara-ntt.com, Oelamasi-Pangdam IX/Udayana, Bambang Trisnohadi mengikuti upacara penutupan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) dan meninjau lokasi sasaran fisik di Kupang Barat, Kabupaten Kupang Nusa Tenggara Timur (NTT).

Selanjutnya Pangdam IX/Udayana meresmikan sumur bor di Desa Oefafi, Kecamatan Kupang Timur Kabupaten Kupang didampingi Penjabat Bupati Kupang, Alexon Lumba, Dandim 1604/Kupang Letkol Inf. Wiwit Jalu Wibowo, para perwira TNI dan Polri pada Jumat (7/6/2024).

Bambang Trisnohadi merasa syukur dan mengapresiasi atas terwujudnya pembangunan sumur bor di Desa Oefafi.

Menurutnya pembangunan sumur bor di Desa Oefafi diharapkan akan menjadi solusi bagi warga dalam memaksimalkan pengairan lahan pertanian.

“Jika sebelumnya, pertanian di Desa Oefafi dilakukan dengan sistem tadah hujan, dan sekali tanam dalam setahun, maka dengan pembuatan sumur bor ini, diharapkan penanaman bisa dilakukan dua sampai tiga kali dalam setahun. Keberlanjutan sumur bor ini memberikan manfaat dalam jangka panjang. Untuk itu, diperlukan partisipasi aktif seluruh masyarakat dalam merawat secara baik, dan menggunakannya sesuai kebutuhan,”jelasnya.

Sementara Penjabat Bupati Alexon Lumba mengatakan kehadiran TNI masih merupakan salah satu afirmasi pembangunan yang paling efektif di Kabupaten Kupang.

“Atas nama Pemerintah, saya sampaikan terima kasih kepada bapak Pangdam IX/Udayana, Komandan Korem 161 Wirasakti, Dandim 1604/Kupang dan seluruh jajaran, Kementerian Pertanian serta seluruh masyarakat desa Oefafi, atas kerja keras dan dukungan yang diberikan dalam menyukseskan kegiatan pembangunan jaringan irigasi air dalam atau sumur bor ini. Dengan harapan, hasil pembangunan yang telah dihadirkan, dapat dipelihara, dijaga dan dimanfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,”ucap Alexon.

Dijelaskan, pembangunan jaringan irigasi air tanah berupa pembangunan sumur bor bagi masyarakat Oefafi merupakan bentuk kerjasama Kementerian Pertanian dengan TNI dalam membantu masyarakat mengantisipasi masyarakat darurat pangan.

Selain itu pendampingan kepada masyarakat untuk mengatasi kekeringan melalui pompanisasi serta jaringan irigasi perpipaan.

Dikatakan, dengan adanya sumur bor ini diharapkan dapat membantu masyarakat dalam memperoleh air bersih, untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. ***