Maju Calon Ketua DPD Demokrat NTT, Leo Lelo Klaim Telah Kantongi 50 Persen Lebih Dukungan

oleh -107 Dilihat

Suara-ntt.com, Kupang-Leonardus Lelo secara resmi menyatakan maju sebagai bakal calon Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) periode 2021-2026.

Anggota DPRD NTT itu mengklaim telah mengantongi 50 persen dukungan dari Dewan Pimpinan Cabang (DPC) se-NTT untuk mengusung dirinya maju sebagai bakal calon Ketua Demokrat di provinsi kepulauan itu.

Berdasarkan Peraturan Organisasi (PO) nomor 2 tahun 2021, syarat untuk menjadi calon ketua DPD Demokrat Provinsi NTT minimal memenuhi  dukungan 20 persen dari seluruh DPC.

“Itu sudah mencapai minimal 20 persen dari DPC-DPC. Dengan demikian berdasarkan amanat PO nomor 2 tahun 2021, saya sudah memenuhi syarat. Sehingga saya menyatakan siap untuk maju sebagai calon ketua Demokrat NTT,” ungkap putra asal Sikka itu kepada wartawan di kediamannya, Senin (14/06/2021) malam.

Mekanisme selanjutnya jelas Leo, berdasarkan Anggaran Dasar Rumah Tanggapan (ADRT) dan paraturan Organisasi (PO), bahwa keputusan tertinggi ada di Dewan Pimpinan Pusat (DPP) partai Demokrat.

“Yaitu Ketua Umum, Sekjen, Ketua DPPOK. Badan pembinaan organisasi di tingkat DPP. Itu berdasarkan amanat ADRT tahun 2020 dan penjabaran ke paraturan organisasi nomor 2 tahun 2021,” jelasnya.

“Sehingga sebagai kader, saya sudah siap untuk maju sebagai calon ketua Demokrat NTT. Dengan dukungan minimal 20 persen tadi, ” tambah Leo.

Namun pada kesempatan itu, Leo tidak menjelaskan secara rinci DPC mana yang telah mengusung dirinya untuk maju sebagai calon ketua Demokrat NTT.

“Saya tidak perlu mengutarakan sudah berapa DPC yang mendukung saya. Yang jelas memenuhi syarat minimal itu sudah saya kantongi dukungan-dukungan DPC-DPC sesuai ketentuan paraturan organisasi tadi, ” katanya.

Wakil Ketua Komisi III DPRD NTT itu mengatakan, alasan dirinya maju sebagai calon ketua Demokrat NTT tidak pernah terlepas dari komitmennya mengembalikan kejayaan Partai Demokrat di NTT.

Leo mengaku, sebagai kader dirinya ingin membesarkan Partai Demokrat di NTT sesuai dengan platform partai yang sudah tertuang dalam ADRT partai besutan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) itu.

“Juga sesuai dengan Visi-misi yang tertuang dalam ADRT dan sesuai dengan misi. Misinya apa?, salah satu misi yaitu memenangkan pemilu, baik Legislatif, Pilpres untuk tingkat nasional. Juga memenangkan Pileg DPRD Provinsi, Kabupaten Kota dan pilkada di tahun 2024,” ujarnya.

Target Menang 3 Besar di NTT

Pada kesempatan itu juga, Leo mempunyai komitmen kuat dan mempunyai visi untuk membesarkan Parati Demokrat minimal menang 3 besar di provinsi kepulauan itu.

“Dengan kondisi yang ada sekarang saya akan berusaha untuk meningkatkan menjadi 3 besar di Provinsi NTT,” katanya.

Ia mengatakan Partai Demokrat pernah menjadi pimpinan DPRD Provinsi NTT pada periode 2009 -2014.

Selanjutnya, pada tahun 2009 yang lalu dengan 7 kursi pada tujuh dapil untuk daerah Provinsi NTT dan pada tahun 2014 Partai Demokrat 8 kursi yang tersebar di seluruh daerah di NTT.

“Komitmen kuat itu dengan saksestori yang ada saya mempunyai keyakinan untuk menata Partai Demokrat menjadi partai modern dan juga menghasilkan kader- kader yang berkualitas bisa
bertarung baik di tingkat nasional maupun di tingkat daerah baik pemilu legislatif, Pilpres maupun Caleg provinsi Kabupaten/ Kota dalam hal ini Pilkada,” ujarnya

Ia juga kembali mengatakan maju sebagai calon ketua karena mempunyai misi besar untuk membangun Partai Demokrat, untuk membangun bangsa dan Negara dan juga mewujudkan tujuan nasional sesuai dengan cita- cita luhur yang tertuang dalam UUD 1945.

“Karena bagaimana pun kondisi bangsa kita sekarang harus membutuhkan partai yang kuat untuk bisa membantu pemerintah bagaimana menata yang berkaitan dengan tatakelola pemerintahan di tingkat nasional, provinsi, kabupaten dan kota,” katanya. (HT)