Keluarga Besar PSI NTT Hadirkan Mobil Ambulance untuk Layani Masyarakat

oleh -142 Dilihat

Ketua Dewan Pembina PSI Provinsi NTT, Jane Natalia Suryanto dan Ketua DPW PSI Provinsi NTT, dr. Christian Widodo Berpose Bersama Pengurus DPW PSI NTT pada Acara Peluncuran Mobil Ambulance pada Minggu, 19 Juni 2022. (Foto Hiro Tuames)

Suara-ntt.com, Kupang-Keluarga Besar Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) menghadirkan satu unit mobil ambulance untuk melayani masyarakat.

Ketua DPW PSI Provinsi NTT, dr. Christian Widodo mengatakan, mobil ambulance itu merupakan bantuan dari Ketua Dewan Pembina PSI Provinsi NTT, Jane Natalia Suryanto bekerjasama dengan DPW PSI NTT.

Dikatakan, mobil ambulance itu akan siap beroperasi di daratan Timor. Selain itu juga nanti ada satu unit mobil ambulance di daratan Sumba. Tujuannya adalah untuk melayani masyarakat.

Dijelaskan, dalam Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) ada tiga jenis ambulance yakni ambulance gawat darurat(emergency), transportasi (rescue)dan Jenazah.

“Kalau ini masuk dalam mobil ambulance transportasi atau rescue beda dengan ambulance gawat darurat. Karena ambulans gawat darurat, setidaknya harus memiliki peralatan resusiatasi, monitor diagnostik, defibrilator dan alat-alat operasi ringan,”katanya didampingi Ketua Dewan Pembina PSI Provinsi NTT, Jane Natalia Suryanto ketika melaunching Ambulance PSI NTT di Klinik Kupang Graha Medika pada Minggu, 19 Juni 2022.

Terkait dengan ambulans gawat darurat kata dia, harus ada dokter dan perawat sementara ambulance transportasi hanya ada perawat.

Lebih lanjut kata dia, ambulance transportasi hanya bisa membawa pasien dari rumah ke rumah sakit atau membawa pasien dari kampung-kampung yang tidak ada kenderaan ke puskesmas atau rumah sakit. Dan sekaligus akan digunakan sebagai ambulance jenazah.

“Kalau ambulance gawat darurat tidak bisa digunakan untuk memuat jenazah karena akan tertular virus dan lain sebagainya,”ungkapnya.

Dia menambahkan, untuk biaya operasional semuanya ditanggung oleh DPW PSI NTT. “Nanti semua biaya kami yang tanggung  mulai dari bensin dan lain sebagainya,”pintanya.

Bagi masyarakat yang membutuhkan bisa menghubungi di Nomor Telpon 081339829007 dan mulai hari ini (Minggu,19 Juni 2022, red) dan seterusnya sudah mulai beroperasi dan didalamnya dilengkapi dengan standar ambulance kategori transportasi.

“Ada oksigen, tempat tidur yang bisa didorong keluar masuk dan dilengkapi dengan lampu sorot,”bebernya.

Sementara itu Ketua Dewan Pembina PSI Provinsi NTT, Jane Natalia Suryanto berharap agar ambulance tersebut benar-benar berguna bagi masyarakat yang ada.

“Kita hadir untuk melayani masyarakat dan ini gratis tidak ada pungutan,”ujarnya.(Hiro Tuames)