Bunda Julie Laiskodat Serahkan Bantuan Benih Padi Varietas Mapan P-05 bagi Petani di Kabupaten Kupang

oleh -100 Dilihat

Wakil Ketua Bidang Pertanian, Peternakan dan Kemandirian Desa DPW Partai NasDem Provinsi NTT, Heribertus Nono dan Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai NasDem sekaligus Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kupang, Sofie Malelak de Haan Serahkan Bantuan Benih Padi Varietas Mapan P-05 kepada Ketua Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) Dalam Kom, Tanji Sambira pada Senin, 13 Juni 2022.

Oelamasi-Ketua Teritori Pemenangan Pemilu Wilayah Bali, Nusa Tenggara Barat (NTB), dan Nusa Tenggara Timur (NTT) Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Nasional Demokrat (NasDem), Julie Sutrisno Laiskodat menyerahkan bantuan benih Padi Varietas Mapan P-05 bagi petani di Kabupaten Kupang sebanyak 500 kilogram.

Bantuan itu diserahkan oleh Wakil Ketua Bidang Pertanian, Peternakan dan Kemandirian Desa DPW Partai NasDem Provinsi NTT, Heribertus Nono kepada Ketua Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) Dalam Kom, Tanji Sambira pada Senin, 13 Juni 2022.

Wakil Ketua Bidang Pertanian, Peternakan dan Kemandirian Desa  DPW Partai NasDem Provinsi NTT, Heribertus Nono menyampaikan atas nama DPW Partai NasDem NTT bersama DPD dan DPC Kabupaten Kupang menyerahkan benih Padi Varietas Mapan P-05 kepada Kelompok Tani Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) Dalam Kom sebanyak 350 kilogram dari 500 kilogram.

“Hari ini saya mau tegaskan bahwa kita serahkan bantuan benih padi sebanyak 350 kilogram dan sisanya akan diserahkan lagi,” kata Heri.

Dia meminta para petani yang menerima bantuan benih itu untuk menjaganya dengan baik.

“Tolong dijaga baik-baik benih ini untuk memperoleh hasil yang maksimal,”ungkapnya.

Sementara itu Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai NasDem sekaligus Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kupang, Sofie Malelak de Haan mengaku mendapat mandat dari Bunda Julie Sutrisno Laiskodat untuk bersama pengurus DPW Partai NasDem Provinsi NTT menyerahkan bantuan benih padi

“Minta maaf beliau tidak berkesempatan hadir namun menitipkan benih padi ini untuk ditanam. Dan harapan bunda akan hadir pada saat panen. Kami dari pengurus partai NasDem dan pak Heribertus Nono sebagai Wakil Ketua Bidang Pertanian, Peternakan dan Kemandirian Desa DPW Partai NasDem Provinsi NTT yang mengurus semuanya,”ujarnya.

“Dan beliau yang keliling seluruh NTT sebagai perpanjangan tangan dari partai NasDem untuk melebarkan sayapnya dalam mengembangkan kelompok-kelompok tani yang ada di NTT. Tentu ini  menyukseskan program dari pak Gubernur dan Wakil Gubernur NTT. Selain itu juga dalam rangka memperkuat partai NasDem di hati para petani dengan bantuan,”ungkapnya.

Dikatakan, bantuan tersebut murni dari partai NasDem tidak ada unsur dan kepentingan politik dalam bantuan yang diberikan. Dan ini sebagai bukti bahwa partai NasDem hadir dihati para petani yang ada di wilayah Kelurahan Babau dan Kelurahan Oesao Kecamatan Kupang Timur Kabupaten Kupang.

“Kami tentu sungguh berharap kehadiran kami ini menjadi titik terang bagi pengembangan petani yang ada dan ini menjadi harapan kita bersama. Tentu kita hanya memberi benih padi tapi kami selalu dikung dalam doa bagi semua petani agar apa yang kita rancang pada hari ini bisa menghasilkan yang terbaik.

Ketua Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) Dalam Kom, Tanji Sambira menyampaikan limpah terima kasih kepada partai NasDem yang begitu peduli kepada para petani.

“Kami juga berterima kasih bahwa ini janji yang ditepati dari partai NasDem melalui Bunda Julie Sutrisno Laiskodat pada bulan lalu. Dan waktu itu beliau janji memberikan bantuan benih Padi Varietas Mapan P-05 sebanyak 500 kilogram untuk ditanam pada 50 hektare yang akan kita olah,”pintanya.

“Kalau kita tanam benih Padi P-05 di satu hektare membutuhkan 10 kilogram. Pada kesempatan ini kami juga berterima kasih kepada Roda Tani yang setia mendampingi kita ketika memulai musim tanam satu dan dua. Bukan hanya padi tetapi holtikultura juga kita tetap didampingi oleh Roda Tani.
Selain itu kami juga didampingi oleh PT. Nufarm dalam merawat tanaman kami dan PT. Prima Asid Andalan Prima yang menyediakan bibit unggul dan kami petani merasakan hasilnya,”bebernya.

Dijelaskan, lahan yang ada di daerah irigasi itu seluas 360 hektare dan pada musim tanam satu 100 persen diolah. Dan untuk musim tanam dua dalam kelompok bersepakat hanya tanam 50 hektare karena disesuaikan dengan debit air yang ada.

“Kami juga berharap kedepannya wilayah Dalam Kom ini jadi wilayah contoh pertanian di Kabupaten Kupang,”pungkasnya. (Hiro Tuames)