Implementasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Unkriswina Jalin Kerjasama dengan Pemda Sumba Tengah

oleh -93 Dilihat

Suara-ntt.com, Waibakul-Universitas Kristen Wira Wacana Sumba (Unkriswina) menjalin kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Sumba Tengah. Kerjasama ini berkaitan dengan implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni pendidikan, pengajaran, penelitian dan pengembangan, serta pengabdian kepada masyarakat.

Rektor Unkriswina, Dr. Maklon F. Killa mengatakan maksud dan tujuan kedatangan bersama rombongan adalah untuk membangun kerja sama (MoU) dengan Pemerintah Kabupaten Sumba Tengah bersama Universitas Kristen Wira Wacana Sumba dalam bidang Tri Dharma yaitu pendidikan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

“Tri Dharma perguruan tinggi merupakan tiga hal yang harus dimiliki atau harus ada disebuah perguruan tinggi saat aktivitas akademik berlangsung. Dan tiga hal tersebut merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan dan dikembangkan secara berkesinambungan oleh seluruh civitas akademika diantaranya dosen dan mahasiswa,” kata Maklon didampingi Pembantu Rektor, Ketua LPPM Unkriswina dan Pejabat Unkriswina lainnya melakukan kunjungan ke Kabupaten Sumba Tengah pada Rabu, 14 Juli 2021.

Maklon mengatakan, kewajiban Perguruan Tinggi untuk menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Seluruh civitas akademika wajib dan bertanggung jawab dalam mewujudkan Tri Dharma tersebut. Idealnya adalah Tridl Dharma Perguruan Tinggi ini terinternalisasi kedalam jiwa seluruh civitas akademika, sehingga istilah ini bukan hanya slogan belaka, melainkan menjadi budaya yang dapat disadari oleh semuanya. Dengan begitu, maka cita-cita dari Tri Dharma perguruan tinggi akan terimplementasi dengan  baik.

Sementara itu Bupati Sumba Tengah, Paulus S. K. Limu menyambut baik atas kerja sama yang diberikan tersebut.

“Bukan hanya bidang pendidikan, pelatihan, dan pengabdian saja. Ada yang kami tindaklanjuti beberapa kerja sama diluar tri dharma, tergantung kebutuhan. Misalnya pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM),”ungkapnya.

Bupati mencontohkan berkaitan dengan pengembangan sumber daya manusia (SDM). “Saat ini Kabupaten Sumba Tengah  berencana untuk mengembangkan proyek Energi Baru Terbarukan (EBT) di wilayah pantura, dimana program EBT ini nantinya akan membuka lapangan kerja baru dan menyerap banyak tenaga kerja putra-putri didaerah dan tentunya tenaga kerja yang dibutuhkan harus mempunyai keterampilan dan kualifikasi yang baik, sehingga diperlukan penyiapan sumber daya manusia sejak dini,” kata Bupati

“Investasi paling berharga adalah pengembangan sumber daya manusia, bagaimana kita menyiapkan dan mengembangkan sumber daya manusia yang berkualitas itulah kemuliaan bagi Allah,” tambahnya.
(HT/Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Kabupaten Sumba Tengah)