Jika ada Bukti Baru dari Petrus Konay atas Tanah Pagar Panjang dan Danau Ina, Silahkan Lakukan Peninjauan Kembali

oleh -125 Dilihat

Suara-ntt.com, Kupang-Pengacara atau Kuasa Hukum Keluarga Konay, Fransisco Bernardo Bessie mengatakan, sebagai kuasa hukum pihaknya menghargai upaya Peninjauan Kembali (PK) dari Petrus Konay, melalui kuasa hukumnya Thobias Mesah, SH atas tanah Pagar Panjang dan Danau Ina jika ada fakta dan bukti baru.

“Kami hargai upaya hukum yang dilakukan. Tetapi kalau berbicara, harus berdasarkan fakta yang ada. Bahwa putusan Nomor 78 sampai putusan MA maupun Pengadilan Tinggi semuanya sudah jelas,” ungkap Fransisco Bessie kepada wartawan di kediaman Marthen Konay pada Selasa, 31 Agustus 2021.

Sisco mengatakan, apa yang dibicarakan selama ini merupakan hal yang sama, dan sudah diuraikan oleh rekan-rekan advokat sebelumnya. Dengan demikian, jika mau berbicara harus berdasarkan data dan bukti yang baru.

“Jangan hanya bicara menggunakan asumsi pribadi. Karena hasilnya juga akan sia-sia sehingga perlu digaris bawahi, harus menang dulu baru boleh bicara. Kami disini menang sampai tidak ingat sudah berapa kali menang,”ungkapnya.

Dikatakan, dirinya tetap konsisten bahwa, sengketa tanah Pagar Panjang dan Danau Ina telah dinyatakan selesai. Dan ekeskusi telah selesai dilakukan pada tahun 1996 dan 1997 lalu.

Sementara itu ahli waris keluarga Konay, Marten Konay dengan tegas mengatakan, justru Pieter Konay melakukan tindakan jahat dengan memalsukan seluruh dokumen. Salah satunya pemalsuan surat baptis, dengan tujuan untuk menguasai tanah milik Esau Konay di Pagar Panjang dan Danau Ina.

“Jadi kalau Yance Thobias Mesah mengatakan bahwa orang tua kami, Esau Konay merampas tanah Pieter Konay, maka sekarang saya pegang data Pieter Konay yang sebenarnya. Mulai daftar dari gereja sampai pada pemalsuan surat baptis,” bebernya.

Marthen menjelaskan, kakek Pieter Konay, lahir di Rote pada tanggal 19 Juli 1917, baptis di Gereja Betel Oesapa pada 30 Juli 1919 dengan nama Daniel Johanis, dan isterinya bernama Nope Nitbani. Surat keterangan ini merupakan bukti dari gereja tertanggal 3 Maret 1988.

Pada tanggal 5 Maret 1988, pihaknya kembali meminta surat keterangan dari Gereja Nasareth Nekbaun, dan surat dikeluarkan Pendeta Ny. YN Leba bahwa Pieter Konay lahir pada 4 Juni 1947, dan dibaptis di Nekbaun, 19 November 1947. Nama orang tuanya Bertolomeus Johanis dan ibunya Maria Nepa.

“Berarti ayah dari Pieter Konay itu Bertolomeus Johanis, yang merupakan anak dari Daniel Johanis dan isterinya Nope Nitbani. Setelah itu, Bertolomeus menikah dengan Maria Nepa, dan melahirkan Pieter. Kalau Pieter ini bapaknya marga Johanis, berarti dia dengan sendirinya Johanis. Bukan Konay,”jelasnya.

Dikatakan, kebohongan mulai terlihat ketika pada tahun 1975, ada surat baptis milik Daniel Johanis yang mengatakan bahwa Daniel Johanis lahir di Niki-niki, Pulau Timor, Timor Tengah Selatan pada 1917, dan dibaptiskan di Gereja Betel Oesapa.

“Benar bahwa dia lahir pada tahun 1917. Tetapi di Rote, bukan di Niki-Niki. Lalu dalam surat, nama ayahnya Daniel Konay dan ibunya tetap Nope Nitbani. Koq di surat lain, nama ayahnya Daniel Johanis,” tanya Marten.

Melihat kejanggalan itu, pihaknya kemudian melakukan pengecekan ke gereja melalui nomor register surat baptis 4.599, dan gereja Kota Kupang mengeluarkan buku induk gerejanya.

“Disitu terkuak bahwa nomor registrasi 4.599 itu ternyata orangnya bernama Berta, yang berdomisili di wilayah sekitar Nunhila. Jadi ini surat baptis yang mirip tapi tak sama. Dia hanya ambil tahunnya yang sama dengan abjat yang mendekati. Jadi dari Berta menjadi Bertolomeus, tetapi dengan nomor registrasi yang sama. Nomor registrasi yang sama tidak mungkin ada dua di gereja,”bebernya.

Dia menambahkan, Pieter Konay dan Bertolomeus Konay sebenarnya memiliki marga Johanis. Bukan Konay. “Dan saya dapat pertanggungjawabkan itu karena secara fakta saya pegang bukti ini,”ucapnya. (HT)