DPR RI dan PTTEP Kolaborasi Bangun Fasilitas Air Bersih di Ngada

oleh -199 Dilihat

Suara-ntt.com, Ngada-Anggota DPR RI, Julie Sutrisno Laiskodat dan perusahaan minyak nasional asal Thailand, PTTEP berkolaborasi membangun fasilitas air bersih berupa sumur bor di Kabupaten Ngada Nusa Tenggara Timur (NTT).

Masyarakat Desa Ria-1 Kabupaten Ngada akhirnya tersenyium setelah penantian panjang karena kesulitan dalam mendapatkan air bersih. Meskipun pembangunan sumur bor di daerah itu sudah rampung tetapi tantangan dan hambatan dalam pengerjaan begitu luar biasa.

Sumur bor itu diresmikan Julie Sutrisno Laiskodat beserta Pemerintah Daerah Kabupaten Ngada.

“PTTEP sudah membangun kita punya air (sumur air), dengan mencarikan mata air untuk meningkatkan kesejahteraan kita. Tolong jaga dengan baik. Terima kasih kepada ibu bapak telah membantu kami, air menjadi salah satu masalah di NTT,” kata Bunda Julie Laiskodat pada Jumat (26/11/21).

Untuk diketahui bahwa pembangunan sumur bor digagas digagas Julie Laiskodat dengan perusahaan minyak nasional asal Thailand, PTTEP yang beroperasional di Indonesia. 

General Manager PTTEP Indonesia, Grinchai Hattagam bersyukur karena pembangunan sumur bor berhasil yang dikerjakan selama delapan bulan. PTTEP Indonesia berharap dengan adanya fasilitas sumur air bersih ini, akan menambah semangat dalam meningkatkan kualitas hidup.

Selain itu memberi dampak pada peningkatan kualitas lingkungan dan kesehatan masyarakat, waktu yang dapat dihemat dari usaha untuk mendapatkan air bersih dan sanitasi yang baik.

“PTTEP Indonesia senang dapat berkontribusi dalam pembangunan fasilitas di NTT. Semoga sumur air bersih ini dapat meningkatkan kualitas hidup mansyarakat, meningkatkan pergerakan ekonomi di desa ini dan semoga sumur ini terus menjadi bagian untuk sumber kehidupan bagi warga desa,”kata Grinchai.

Pemanfaatan air bersih bagi masyarakat Desa Ria-1 penting dalam kemajuan manusia Indonesia. Karena itu, sebagai perusahaan yang mengedepankan Sustainable Development Goals atau SDGs, PTTEP Indonesia menyambut baik kolaborasi membangun desa yang layak air bersih dan sanitasi bagi masyarakat.

Air bersih juga penting bagi kemajuan ekonomi, diantaranya untuk warga desa yang fokus di pertanian maupun peternakan. Kontribusi ini juga sebagai pelaksanaan tanggung jawab sosial perusahaan untuk memberikan perhatian kepada masyarakat.

Dikatakan, air bersih dan sanitasi merupakan masalah klasik di Nusa Tenggara Timur. Karena itu, Julie Sustrisno Laiskodat yang merupakan anggota DPR dari daerah pemilihan (Dapil) I NTT menginisiasi pembangunan sumur di Kabupaten Ngada.

Saat penentuan titik pengeboran sumur disaksikan anggota DPRD Kabupaten Ngada, dan aparat pemerintah Desa. Sementara proses pengeboran disepakati bersama oleh pemerintah desa, para petua adat serta keterlibatan masyarakat.

Proses pembangunan sumur pun cukup pelik, karena dalam survei geolistrik untuk menentukan titik lokasi kedalaman air bersih di permukaan tanah, tak lantas bisa langsung mendapatkan sumber air. Selama proses pengeboran sumur, muncul tantangan, diantaranya, tanah yang terletak di lokasi pengeboran dilapisi batuan yang keras dan tebal. Cuaca ekstrem yang kerap terjadi seperti hujan lebat dan badai, hantaman pandemi COVID-19, juga menjadi faktor proses pengerjaan pengeboran menjadi tidak mudah.

PTTEP Indonesia, Julie Laiskodat, beserta Pemerintah Nusa Tenggara Timur dan Pemerintah Kabupaten Ngada berharap sumur ini dapat memberikan hasil berupa peningkatan produktivitas masyarakat. (HT)