Dekranasda dan TP PKK NTT Peroleh ISO 9001:2015 Pertama di Indonesia

oleh -37 Dilihat

Suara-ntt.com, Kupang-Dalam sejarah dan patut berbangga bahwa Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) dan Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) memperoleh ISO 9001:2015 pertama di seluruh Indonesia.

Ketua Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Provinsi NTT, Julia Sutrisno Laiskodat mengatakan, Dekranasda dan TP PKK NTT telah mengikuti audit sertifikasi penerapan SMM ISO 9001:2015 SZUTES Indonesia.

“Audit itu dilakukan untuk mengukur sejauh mana Dekranasda NTT telah memberikan pelayanan kepada masyarakat dan stakeholder (pemangku kepentingan) lainnya sesuai Standar Internasional dalam bidang manajemen mutu,”katanya didampingi oleh Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi NTT, Maria Fransisca Djogo pada acara coffe morning wartawan di Kantor Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi NTT, Kamis (8/10/2020).

Menurutnya, tim audit ISO juga memeriksa fasilitas yang ada di Dekranasda NTT, seperti toko yang menjual kain tenun dan kuliner khas NTT, produksi tenun ikat oleh mama-mama penenun, perpustakaan, ruang diklat (ruang kelor), galeri 22 kabupaten/kota yang ada di NTT, ruang promosi atau dikenal dengan nama ruang HAKI (Harapan, Alani, Inovatif, Kreatif), cafetaria dan kebersihan setiap ruangan.

“Akhirnya Tim Audit ISO menyatakan bahwa Dekranasda Provinsi NTT telah memenuhi syarat dalam penerapan Sistem Managemen Mutu berbasis ISO 9001:2015,”ungkap anggota Komisi IV DPR RI ini.

Dikatakan, informasi yang diperoleh dapat dari ISO sendiri bahwa di Indonesia belum ada Dekranasda dan TP PKK yang memperoleh ISO 9001:2015. “Dan kami pada tanggal 12 September 2020 lalu PKK mendapatkan ISO itu,”ujar Bunda Paud ini.

Untuk diketahui bahwa ISO 9001:2015 merupakan standar internasional di bidang sistem manajemen mutu. Suatu lembaga/organisasi yang telah mendapatkan akreditasi (pengakuan dari pihak lain yang independen). ISO tersebut, dapat dikatakan telah memenuhi persyaratan internasional dalam hal sistem manajemen mutu produk/jasa yang dihasilkannya.

Dijelaskan, Dekranasda Provinsi NTT bertekad untuk terus mendukung berbagai kegiatan menuju kemandirian di Indonesia pada umumnya dan NTT pada khususnya. Karena itu sejak tahun 2018 lalu hingga pertengahan tahun 2020 ini, Dekranasda NTT telah melakukan berbagai macam terobosan dan inovasi untuk mengangkat hasil karya masyarakat NTT khususnya di bidang tenunan dan olahan pangan.

Lebih lanjut kata dia, Provinsi NTT memperoleh dua prestasi yang telah dicapai adalah sertifikat sistem managemen mutu ISO 9001:2015 dan angka tertinggi inovasi dalam indeks government awards tingkat Provinsi NTT yang diselenggarakan oleh Kementerian Dalam Negeri. (Hiro Tuames)