Bunda Julie Terus Beri Perhatian dan Support Kaum Milenial NTT yang Punya Bakat

oleh -52 Dilihat

Suara-ntt.com, Kupang-Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) NTT, Julie Sutrisno Laiskodat terus memberikan perhatian dan support kepada kaum milenial (anak-anak muda) NTT yang mempunyai bakat atau ketrampilan untuk mengembangkannya.

Bukan baru pertama kali ini Bunda Julie memfasilitasi anak-anak muda NTT yang mempunyai bakat lebih. Namun sudah ratusan pemuda dan remaja NTT yang disupport dan telah menorehkan prestasi di sejumlah ajang nasional bahkan internasional.

Belum lama ini, istri dari Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat itu kembali memfasilitasi dua remaja asal Sumba Barat Daya dan Sumba Tengah untuk ikut di ajang pemilihan Putera dan Puteri Ekowisata Indonesia tahun 2022 di Provinsi Bali pada Jumat (25/11/2022) lalu.

Kedua remaja tersebut yakni, Yohanes Fransisko yang berhasil menjadi Runner Up I Putera Ekowisata Indonesia dan Anastasia Princesha Rambu Riwa Lepa yang masuk dalam top 10 Puteri Ekowisata Indonesia serta menjadi Puteri Ekowisata Favorit Indonesia 2022. Selain itu, keduanya juga berhasil meraih Best in Video Promotion Putera Puteri Ekowisata Indonesia Tahun 2022.

Kepada media ini, Sabtu, 03/12/2022, di Kantor Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) NTT, Yohanes Fransisko ditemani partnernya Anastasia Princesha Rambu Riwa Lepa dalam ajang pemilihan Putera Puteri Ekowisata Indonesia Tahun 2022, mengungkapkan bahwa prestasi yang diperolehnya tidak terlepas dari campur tangan Bunda Julie Laiskodat.

“Kami difasilitasi penuh oleh Bunda Julie, mulai dari mempersiapkan diri seperti les Public Speaking, Bahasa Inggris, Talent Class, Make Up untuk yang cewek dan les Catwalk serta kostum juga kami disupport dari LeVico dan Dekranasda NTT,” ungkap Yohanes, Mahasiswa Universitas Nusa Cendana ini.

Peran Bunda Julie, ungkap Yohanes, sudah dimulai sejak dirinya mengikuti ajang pemilihan Putera Puteri Pariwisata Sumba Barat Daya pada November 2021.

“Waktu itu Bunda Julie sebagai juri, saya mempresentasikan advokasi tentang pariwisata berkelanjutan dan pariwisata hijau. kemudian sesudah ajang itu saya di kontak oleh stafnya Bunda untuk mewakili NTT ke ajang pemilihan Putera Puteri Ekowisata Indonesia Tahun 2022 dan saya langsung menerimanya,”

Advokasi tersebut, jelasnya, juga dibawakannya saat mengikuti ajang pemilihan Putera Puteri Ekowisata Indonesia Tahun 2022.

“Advokasi ini tujuannya adalah ingin mengajak masyarakat terlebih khususnya generasi muda untuk menjadikan prinsip ekowisata sebagai gaya hidup yang disebut sebagai Eko Lifestyle yang mana hal terpenting yang saya angkat disini adalah Zero Plastic Life Style atau gaya hidup tanpa plastik,” jelas Yohanes.

Pada kesempatan yang sama, Anastasia Princesha Rambu Riwa Lepa, yang juga ikut dalam ajang pemilihan Putera Puteri Ekowisata Indonesia Tahun 2022 mewakili NTT, mengungkapkan keikutsertaannya dalam ajang ini atas dukungan penuh dari Bunda Julie.

Dirinya mengisahkan bahwa awalnya Ia mengikuti ajang pemilihan Puteri Pariwisata di Kabupaten Sumba Tengah, lalu kemudian pada tahun 2021 juga mengikuti pemilihan Umbu Rambu tingkat Kabupaten Sumba Tengah, yang mana pada kedua ajang tersebut Bunda Julie juga hadir sebagai juri.

“Atas penilaian Bunda Julie, saya kemudian dikontak oleh stafnya Bunda untuk menjadi wakil NTT dalam pemilihan Putra Putri Ekowisata 2022. Saya langsung menerimanya dan semua persiapan kami mendapat dukungan dari Bunda,” ungkap Mahasiswi Fakultas Hukum Universitas Nusa Cendana ini.

Tak lupa, pada kesempatan tersebut Yohanes Fransisko dan Anastasia Princesha Rambu Riwa Lepa menyampaikan terima kasih atas dukungan Bunda Julie Laiskodat.

“Secara pribadi saya mengucapkan terima kasih kepada Bunda Julie, untuk kesempatan dan ruang yang sudah diberikan kepada kami berdua, untuk mempresentasikan NTT di ajang Nasional. Tuhan Yesus Memberkati Bunda Selalu,” ungkap Anastasia Princesha Rambu Riwa Lepa

“Saya juga ingin mengucapkan terima kasih kepada Bunda atas kesempatan yang diberikan bagi saya kawula muda NTT, untuk mempromosikan destinasi wisata kita di ajang nasional, harapan saya agar bunda terus mendukung generasi-generasi yang ada di NTT, dan juga mendukung UMKM masyarakat agar terbantu ekonominya dan juga kerajinan-kerajinan kita dikenal di luar,” tambah Yohanes Fransisko

Sebagai informasi, dalam puncak pagelaran pemilihan Putera Puteri Ekowisata Indonesia Tahun 2022, gelar Putera Ekowisata Indonesia 2022 diraih oleh Thio Ashiddiqie (Jawa Barat), lalu gelar Runner Up I Putera Ekowisata Indonesia jatuh pada Yohanes Fransisko (Nusa Tenggara Timur), Runner Up II Putera Ekowisata Indonesia yakni Komang Satria Adiguna asal Bali. Runner Up III Putera Ekowisata Indonesia yakni Andi Muhamad Hafid Riyadi (Banten).

Sementara itu, gelar Puteri Ekowisata Indonesia 2022 diraih oleh Madeleine Dewi Ayer (Bali), lalu gelar Runner Up I Puteri Ekowisata Indonesia diraih Genoveva Beyondi Meidiva (DI Yogyakarta), Runner Up II Puteri Ekowisata Indonesia Briliani Putri Pijar Pratiwi (Banten). Runner Up III Puteri Ekowisata Indonesia diraih Fara Syahla Gabriela asal (Lampung). *****