BPBD Kota Kupang Perpanjang Pencairan Dana Stimulan Seroja hingga Mei 2022

oleh -114 Dilihat

Suara-ntt.com, Kupang-Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Kota Kupang akan memperpanjang jangka waktu proses pencairan dana stimulan Seroja hingga Mei 2022 mendatang berdasarkan surat keputusan yang diterbitkan Wali Kota Kupang.

Untuk diketahui dana siap pakai bantuan stimulan perbaikan rumah bagi 12.192 keluarga korban badai Seroja di Kota Kupang sebesar Rp 150,9 Milliar masih diblokir BPBD Kota Kupang. Pasalnya masih ada warga yang belum memenuhi syarat kelengkapan administrasi dan data.

“Dana stimulan ini masih diblokir, karena masih ada beberapa proses administrasi dan data yang belum selesai. Kami mohon warga segera memenuhi kelengkapan,” kata Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Kota Kupang, Ernest Ludji kepada wartawan pada Senin, 28 Maret 2022.

Ernest mengatakan, berdasarkan hasil verifikasi dan validasi tercatat sebanyak 12.192 keluarga penerima dengan klasifikasi penerima rusak ringan sebanyak 10.926 keluarga, rusak sedang 863 keluarga dan klasifikasi rusak berat sebanyak 403 kk.

Dari total 51 kelurahan yang didata serta hasil verifikasi masih terdapat 13 kelurahan yang sementara berproses memenuhi syarat hingga proses pembukaan buku rekening bank sebagai penerima bantuan tersebut.

“Untuk 13 kelurahan ini sementara berjalan untuk proses verifikasi, sesuai dan mengikuti tahapan,”ungkapnya.

Sementara 38 kelurahan lainnya telah dinyatakan tuntas dalam proses verifikasi dan telah membuka buku rekening bank, diantaranya kelurahan Batuplat, Fatufeto, Manutapen, Mantasi, Penkase, Bonipoi, Airmata, Oetete, Lasiana, Fatululi, Kayu Putih, Oebufu dan lainnya. (HT)