Ada Beberapa Dukungan Bank NTT dalam Percepatan Pemulihan Ekonomi

oleh -201 Dilihat

Suara-ntt.com, Kupang-Direktur Utama (Dirut), Harry Alexander Riwu Kaho mengatakan, ada beberapa dukungan Bank NTT di Tahun 2021 dalam mempercepat pemulihan ekonomi di NTT.

Dukungan itu antara lain; penyaluran Kredit atas Penempatan Dana PEN di Bank NTT, Layanan Digital Banking, Menfasilitasi Rekening Dana Bantuan dari Pemerintah Pusat, Pemda dan Pihak Swasta, Bantuan kemanusiaan melalui Dana CSR, Agen Laku Pandai, Agen Di@ Bisa Bank NTT, Produk Tabungan untuk para pelaku Usaha dan Pemberian Kredit Mikro serta Program Edukasi Inklusi Keuangan Program “Ramai Skali” Bank NTT untuk menumbuhkan budaya Menabung bagi generasi muda sejak dini yaitu “Kompetensi Kreatif Inklusi Keuangan Tahun 2021”, antara lain : Kompetisi Video Edukatif, Foto Produk, Karya Penulisan dan Cipta Jingle.

Dikatakan, Bank NTT sebagai Bank Pembangunan Daerah memiliki potensi peran yang sangat besar dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi NTT.

“Kami selalu berusaha secara optimal untuk meningkatkan kinerja dan selalu berupaya menghadapi persaingan yang semakin kompetitif, dan memanfaatkan peluang dan kesempatan menggali sumber daya serta potensi daerah sehingga pertumbuhan perekonomian di NTT dapat terwujud secara nyata,” kata Dirut Alex kepada wartawan saat acara Media Gathering akhir tahun 2021 di Suba Suka Kota Kupang pada Kamis, 30 Desember 2021.

Lebih lanjut kata dia, keberhasilan yang telah diraih pada tahun 2021 tidak membuat mereka larut dan lengah dalam kegembiraan itu. Namun segala usaha dan kerja keras yang diraih selama tahun 2021 dengan berbagai tantangan dan persoalan yang telah dilewati merupakan sebuah proses perjuangan yang panjang, kerja keras, kerja cerdas, kerja tulus dan kerja sungguh-sungguh untuk mengantar Bank NTT memasuki tahun 2022.

Dijelaskan, Bank NTT terus mendukung pertumbuhan dan pengembangan perekonomian di Nusa Tenggara Timur dalam upaya peningkatan kesejahteraan dan pembangunan ekonomi di Provinsi NTT. Hal itu dibuktikan dengan komitmen peningkatan kerjasama dengan seluruh Pemerintah Daerah baik Pemerintah Provinsi, Kabupaten/Kota antara lain pembiayaan Pinjaman Daerah yang terus diinisiasi untuk mendukung akses percepatan pembangunan infrastruktur daerah. Selain itu peningkatan ekonomi masyarakat NTT dilakukan di Tahun 2022 melalui peningkatan penyaluran kredit di sektor produktif untuk mendorong terbentuknya ekosistem pembiayaan di NTT.

Untuk diketahui bahwa tahun 2021, Bank NTT memiliki 23 desa binaan yang tersebar di seluruh kabupaten/kota di NTT.

Diproyeksikan di tahun 2022 pertumbuhan ekonomi dan kinerja Bank NTT akan lebih baik apabila secara jangka pendek kondisi pandemic Covid-19 dapat dikendalikan sehingga pemulihan ekonomi dapat terjadi.

Dalam menindaklanjuti hasil temuan Auditor, terdapat komitmen bersama untuk menindaklanjuti hasil-hasil temuan tersebut, sesuai batas waktu yang telah disetujui. Untuk itu pihaknya berharap hasil pemeriksaan Auditor tersebut menjadi pijakan bagi bank NTT untuk memperbaiki beberapa hal yang tidak sesuai dengan aturan.

“Disampaikan juga rasa hormat dan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pemegang Saham dan Pemangku Kepentingan lainnya atas kepercayaan dan dukungan yang telah terjalin dengan baik selama ini. Kami berkeyakinan, dengan kepercayaan dan dukungan yang diperoleh dari seluruh pihak, akan meraih kinerja yang lebih baik ke depan dan terus berkelanjutan,”bebernya. (Hiro Tuames/Humas Bank NTT)