Jhon Seo Berharap Anaknya Bisa Masuk dalam Skuad Timnas U-16

oleh -990 views

Suara-ntt.com, Kupang-Sedikitnya enam pemain muda asal Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) akan mengikuti seleksi U-16 dan U-19 untuk tim nasional (Timnas) region Bali-Nusra, di Denpasar, pada 7 sampai 8 April 2021 mendatang.

Dari enam pemain tersebut salah satunya bernama, Aldo Seo anak dari pasangan suami-isteri, Jhon Seo (wartawan Tempo.co) dan Agustina Lamak (ASN pada Pemprov NTT).

Ke-6 pemain yang mewakili NTT itu merupakan pemain binaan SSB Bali United Kristal Football School (Bukfos) Kupang. Sementara pemain U-16 lainnya adalah Ignatius Kenyfer Tulit, Gleno M. Famdale, dan Malfin Sandiago Salem. Empat pemain U-16 yang dipanggil ini adalah kelahiran tahun 2007. Diketahui, pada 2019,  mereka mewakili NTT di Piala Menpora Cup seri Nasional di Palembang, Sumatera Selatan. Kemudian untuk pemain U-19 yang dipanggil ialah G. Vin Laik dan Mario Kidang.

Jhon Seo, ayah dari Aldo Seo mengaku bangga bercampur cemas. Pasalnya, masih ada tahap seleksi region Nusa Tenggara.

“Sebagai orang tua pastinya bangga, tapi juga cemas karena masih ada seleksi terakhir. Dan itu tentunya banyak pesaing,” kata wartawan Tempo itu didampingi isteri tercinta, Agustina Lamak.

Sebagai orang tua, lanjut Jhon, ia hanya memberi dukungan secara moril maupun materil. Apapun hasil akhir, itu sudah yang terbaik.

”Kami orang tua pasti wajib memberi dukungan. Apapun hasilnya, itu yang terbaik. Kami berharap Aldo bisa masuk dalam Skuad Timnas U-16,”ungkapnya.

Direktur Operasional Bukfos Kupang, Sipri Seko  mengatakan, terdapat enam anak binaannya dipanggil mengikuti seleksi tim nasional regional Bali-Nusra.

Sipri mengaku seharusnya keenam tersebut dipanggil untuk seleksi terpusat secara nasional, namun pertimbangan menghindari kerumuman dalam jumlah banyak sehingga diseleksi secara region.

“Yang lolos akan mengikuti seleksi lanjutan terpusat dari seluruh daerah di Indonesia,” kata Sipri kepada wartawan, Jumat (02/04/2021)

Kepada siswa Bukfos Kupang itu, Sipri menitip pesan untuk menyiapkan diri di sisa waktu yang ada. Pasalnya, seleksi akan dilaksanakan tanggal 7 dan 8 April. Sisa waktu yang ada dimaksimalkan persiapannya.

“Lolos seleksi itu sesuai penilaian pelatih yang melakukan seleksi. Yang terpenting adalah anak-anak memiliki pengalaman dan belajar dari proses seleksi yang dilakukan. Apalagi ini levelnya Timnas, tentu akan memberi motivasi yang luar biasa bagi pemain,” katanya.

Sementara itu Aldo Seo mengatakan akan berusaha semaksimal mungkin agar dapat terpilih. “Saya akan berusaha semaksimal mungkin,” kata Aldo singkat.

Kata Aldo, ajang ini merupakan peluang emas bagi dirinya. Karena dari ratusan pemain berbakat di provinsi NTT hanya enam orang yang dipilih dan ia juga mendapat kepercayaan tersebut.

” Ini peluang emas. Pasti saya manfaatkan. Tapi semua keputusan ada pada para Coach dan saya serahkan semua pada Tuhan,” ucapnya.

Informasi pemanggilan para pemain ini tertuang dalam surat yang dikeluarkan Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI NTT per 31 Maret 2021 yang ditandatangani Sekretaris Asprov PSSI NTT, Lambert Tukan.

Surat itu berisi pemanggilan kepada pemain sepak bola Asprov PSSI NTT peserta seleksi Timnas U16 dan U19 untuk mengikuti seleksi Timnas regional Bali, NTT dan NTB di Bali pada 7-8 April 2021 mendatang.

Untuk diketahui bahwa Alfredo El Nino Putra Seo yang lebih akrab disapa Aldo Seo merupakan siswa Sekolah Menengah Pertama Katholik (SMPK) ST. Yosep Naikoten yang kini duduk di bangku kelas 2.

Aldo Seo merupakan anak dari pasangan suami isteri Jhon Seo yang berprofesi sebagai wartawan Tempo.co dan Agustina Lamak (ASN para Pemprov NTT), yang lahir pada tanggal 27 September 2007 silam. (HT)