Empat Penjabat Bupati di NTT Bakal Dilantik di Besipae

oleh -183 views

Suara-ntt.com, Kupang-Informasi yang diperoleh ada empat Penjabat Bupati di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) bakal dilantik di Besipae Kecamatan Amanuban Selatan, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) pada Sabtu, 27 Maret 2021.

Pelantikan keempat Pejabat Bupati itu untuk mengisi kekosongan kepala daerah berhubung belum dilantiknya Bupati Definitif di empat kabupaten yakni Belu, Malaka, Sabu Raijua, dan Sumba Barat.

Kepala Biro Pemerintahan Setda Provinsi NTT, Doris A. Rihi mengatakan, Surat Keputusan atau SK dari Menteri Dalam Negeri untuk pelantikan empat pejabat bupati di NTT sudah ada. Namun pelantikan itu akan disesuaikan dengan jadwal dan kunjungan kerja Gubernur NTT.

Seperti yang diketahui bahwa Gubernur NTT melakukan kunjungan kerja (Kunker) pada beberapa kabupaten di daratan Pulau Timor sejak Senin, 22 Maret 2021 lalu.

Menurutnya, lokasi pelantikan bakal dilaksanakan di Besipae disesuaikan dengan lokasi tugas dan kunjungan kerja Gubernur NTT.

“Pak Gubernur sedang menjalankan tugas, dan beliau sedang berada di Besipae, Kabupaten TTS. Kebetulan waktu pelantikan bersamaan dengan lokasi tugas beliau,”kata Doris Rihi kepada wartawan Jumat, (26/3/2021).

Doris tidak menyebutkan siapa nama empat Penjabat Bupati yang bakal dilantik. Dia berdalil bahwa belum ada surat keputusan (SK).

“Keempat penjabat itu kita belum tahu. Memang SK sudah ditandatangani, tapi belum ada petikan untuk dibacakan,”bebernya.

Dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2013 Tentang Tata Cara Pelantikan Kepala Daerah Dan/Atau Wakil Kepala Daerah Pasal 1 maka Penjabat Bupati memiliki tugas, wewenang dan kewajiban sama dengan Bupati Definitif selaku kepala daerah.

Kemudian Penjabat Bupati ditetapkan Menteri Dalam Negeri lalu dilantik oleh Gubernur untuk melaksanakan tugas, wewenang dan kewajiban kepala daerah dalam kurun waktu tertentu. (Hiro Tuames)