Gubernur minta Bupati TTS Benahi Terminal Haumeni yang Amburadul dan Tak Terurus

oleh -132 views

Suara-ntt.com, So’e-Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT), Viktor Bungtilu Laiskodat meminta Bupati Timor Tengah Selatan (TTS), Egusem Pieter Tahun untuk benahi fasilitas pendukung terminal Haumeni So’e yang selama ini amburadul dan tak terurus.

Hal itu disampaikan ketika melakukan kunjungan kerja (Kunker)di Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) pada Senin, 22 Maret 2021.

Dalam kunker tersebut, Gubernur Viktor menyempatkan diri untuk melihat secara langsung kondisi terkini Terminal Haumeni yang terletak di Kesetnana, Kecamatan Molo Selatan, TTS.

Gubernur NTT yang didampingi oleh Bupati TTS sangat menyayangkan kondisi terminal yang amburadul dan terkesan tidak terurus. Selain itu gubernur juga sangat menyayangkan fasilitas pendukung terminal yang tidak tersedia seperti papan informasi jadwal keberangkatan bus, tempat makan, toilet yang tidak tertata rapi dan informasi tempat wisata.

Dalam kesempatan itu dia meminta Bupati TTS dan dinas terkait untuk membangun tempat makan di area terminal agar memudahkan penumpang yang menggunakan jasa angkutan umum atau bus di terminal tersebut. Hal itu dilakukan supaya tidak terkesan seperti orang hidup pada zaman sebelum Masehi.

Dia mengatakan, ide ini dimaksudkan agar fungsi terminal tidak hanya untuk orang berkumpul dan menunggu kendaraan, namun harus ada fungsi lain yang telah terfasilitasi.

Ia pastikan bahwa Terminal Haumeni dan beberapa terminal tipe B lainnya di NTT akan segera dibenahi. Adapun fasilitas yang hendak dibangun antara lain taman dengan air mancur, toilet, restoran, mushola, mini market, garber shop dan tempat istirahat sementara.

“Untuk awal kita akan benahi pos yang ada. Paling tidak kita menata, menjaga kebersihan, membuat taman-taman yang indah dengan dilengkapi air mancurnya,”ungkapnya.

“Sudah saatnya setiap fasilitas perhubungan darat menjadi menarik dan menjadi tempat yang nyaman dan memiliki fungsi yang cukup luas,”tambahnya.

Lebih lanjut dia meminta agar ada papan informasi menuju tempat wisata yang ada di Kabupaten TTS, seperti berapa kilometer dari terminal ke Kolbano, Fatumnasi dan lain sebagainya sehingga memudahkan wisatawan menemukan tempat wisata favorit mereka. (HT)