Inilah Konsep Pariwisata dan Program Strategis di era Kepemimpinan Djuandi-Binsasi

oleh -1.603 views

Suara-ntt.com, Kupang-Bupati Timor Tengah Utara (TTU), Djuandi David dan Wakil Bupati TTU, Eusabius Binsasi mempunyai konsep pariwisata yang terbilang masuk akal dan sangat menyentuh sesuai dengan kebutuhan pangsa pasar.

Bupati Djuandi mengatakan, pihaknya akan merevitalisasi atau mendata ulang dan memilah potensi-potensi pariwisata yang dinilai potensial dan layak untuk dikembangkan. Karena tidak semua destinasi wisata di TTU akan dikembangkan.

“Kita akan melihat potensi pariwisata yang bisa dikembangkan dan tidak semua tempat wisata akan dikembangkan karena akan mubazir,” kata Bupati TTU, Juandi David kepada wartawan usai pelantikan di aula Rumah Jabatan Gubernur NTT, Jumat (26/2/2021).

Selain konsep pariwisata yang akan dikembangkan lima tahun ke depan ada juga sektor pertanian. Pihaknya akan fokus dan melihat pertanian lahan kering dan basah serta sektor peternakan dan sektor perikanan menjadi prioritas atau diutamakan.

“Jika masyarakat di desa mudah memperoleh uang maka perputaran ekonomi akan berjalan dengan baik maka otomatis kesejahteraan akan tercapai,”ujarnya.

Konsep dari paket Desa Sejahtera yang akan diimplementasikan lima tahun ke depan antara lain;  pengembangan sektor pertanian dan itu harus ada air. Kemudian akan mengembangkan sektor peternakan. Selain itu sektor pendidikan, kesehatan, perumahan, pemerintahan dan sektor strategis lainnya sehingga masyarakat yang ada di desa harus sejahtera.

Dikatakan, pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan di seluruh Kabupaten TTU menjadi perhatian mereka.

“Infrastruktur itu menjadi program keempat dalam visi misi kita. Dan semua infrastruktur di kabupaten TTU akan kita lihat untuk memperbaikinya baik itu jalan dan jembatan sehingga akses transportasi untuk mengambil hasil pertanian dan peternakan bisa lancar,”bebernya.

Lebih lanjut kata dia, pihaknya akan menata ulang tata kota Kefamenanu karena selama ini penataannya kurang bagus.

Menurutnya, tata kota itu mencerminkan sebuah kota ketika orang berkunjung.

“Penataan Kota Kefamenanu akan ditata ulang karena selama ini tata kotanya kurang bagus.
Kita akan tata ulang kota ini agar ketika orang berkunjung ke daerah ini orang tahu bahwa Kota Kefamenanu seperti ini. Dengan demikian harus ada jalan yang bagus, lampu jalan yang bagus dan tugu yang bagus untuk mencerminkan sebuah kota,”pungkasnya.  (Hiro Tuames)