Lima Kepala Daerah Terpilih akan Dilantik, Sabu Raijua Ditunda

oleh -378 views

Suara-ntt.com, Kupang-Jadwal pelantikan Kepala Daerah (Bupati dan Wakil Bupati) terpilih akan berlangsungkan pada Jumat,  26 Pebruari 2021. Dari enam pasangan calon pemenang pilkada serentak 2020 lalu hanya lima pasangan calon yang akan dilantik oleh Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat. Sementara Kabupaten Sabu Raijua masih ditangguhkan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) karena polemik kewarganegaraan.

”Kami baru selesai vicon dengan Kemendagri dari enam pasangan calon yang menang dalam pilkada serantak hanya lima pasangan yang akan dilantik. Dan pelantikannya akan dipusatkan di Kupang,” kata Kepala Biro Tata Pemerintahan Setda Provinsi NTT, Doris A Rihi kepada wartawan Rabu, (24/02/2021).

Doris menjelaskan, dari lima pasangan calon yang dilantik itu adalah Juandi David-Eusabius Binsasi (Kabupaten Timor Tengah Utara), Kris Praing-David Melo Wadu (Kabupaten Sumba Timur), Hery Nabit-Hery Ngabut (Kabupaten Manggarai), Edistasius Endi-Yulianus Weng (Manggarai Barat) dan Andre Paru-Raymundus Bena (Ngada).

Sementara pasangan calon terpilih Kabupaten Sabu Raijua yakni Orient Patriot Riwu Kore-Thobias Uly belum dilantik karena masih berproses di Kemendagri.

”Untuk Sabu masih proses di Kemendagri dan belum ada kabar dari kemendagri,”ungkapnya.

Lima kepala daerah yang akan dilantik termasuk Kabupaten Manggarai Barat sudah diusulkan ke Mendagri hanya hingga saat ini pihaknya belum mendapatkan SK pelantikan dari Kemendagri.

“Kita sudah usulkan termasuk Manggarai Barat hanya kita belum mendapatkan SK pelantikan,” bebernya.

Untuk diketahui pada tahun 2020 yang lalu ada 9 kabupaten yang menyelenggarakan Pilkada. Namun hingga saat ini masih tiga kabupaten masih berproses di Mahkamah Konstitusi (MK) yakni Kabupaten Belu, Malaka dan Sumba Barat. (HT)