Hujan Deras Tak jadi Halangan bagi Jokowi untuk Tinjau Lumbung Pangan di Sumba Tengah

oleh -274 views

Suara-ntt.com, Waibakul-Meskipun diguyur hujan lebat, namun tak menjadi halangan bagi Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk meninjau lumbung pangan atau food estate di Desa Makata Keri, Kecamatan Katiku Tana, Kabupaten Sumba Tengah, Nusa Tenggara Timur (NTT), Selasa (23/2/2021).

Dalam sebuah video yang diteruskan berkali- kali di WA group, tampak Presiden Jokowi memakai baju putih lengan panjang dan celana panjang hitam melintasi pematang sawah sendirian menggunakan payung, dan terdengar sorak-sorai warga dari kejauhan.

Nampak dari video itu, Jokowi sedang menghampiri sekelompok orang yang ada di tengah sawah. Sementara itu, ada sebagian warga masyarakat yang menyaksikan hal itu dan mengambil video, meneriakinya dengan riang. Terasa sekali luapan kegembiraan dan kebahagiaan tersendiri warga di sana.

Di laman facebook-nya Jokowi menulis, “Hujan lebat mengguyur Desa Makata Keri di Sumba Tengah, NTT saat saya tiba siang ini. Kawasan yang saya tinjau ini adalah lumbung pangan baru seluas 5.000 hektare yang dibangun di NTT yang 3.000 hektare di antaranya untuk padi, selebihnya ditanami jagung.”

Menurut Jokowi, kendala pengembangan lumbung pangan di NTT adalah ketersediaan air untuk mengairi persawahan.

“Untuk itu pemerintah akan membangun sebanyak 200 sumur bor dan beberapa embung untuk pengairan sawah. Itu pun masih jauh dari cukup,”kata presiden dua periode ini.

“Saya telah menginstruksikan Menteri PUPR untuk melihat potensi pembangunan waduk atau bendungan di wilayah ini. Selain itu, saya memerintahkan Menteri Pertanian untuk turut memberikan bantuan alat mesin pertanian (alsintan) yang dibutuhkan para petani setempat,”tambahnya.

Dirinya berharap adanya lumbung padi di Kalimantan Tengah, Sumatera Utara dan NTT bisa terbangun ketahanan pangan secara nasional.

“Dengan food estate di Kalimantan Tengah, Sumatera Utara, dan NTT, saya berharap akan bisa terbangun ketahanan pangan yang baik untuk negara kita,”ungkap mantan Wali Kota Solo dua periode ini.

Hari ini (Selasa, 23 Pebruari 2021, red) menjadi sejarah bagi Kabupaten Sumba Tengah dan Sikka dimana Presiden Jokowi mengunjungi kedua daerah itu. Kunjungan ke Kabupaten Sumba Tengah untuk meninjau lumbung padi atau food estate, sedangkan di Kabupaten Sikka guna meresmikan Bendungan Napun Gete.

Untuk diketahui bahwa jadwal kunjungan Presiden ke dua kabupaten ini sedianya terjadi minggu lalu. Namun informasi dari Istana bahwa jadwal kunjungan Presiden ditunda. Namun hal itu tidak mengecewakan masyarakat Sumba Tengah dan Sikka karena penantian itu terjawab hari ini, dimana  Presiden Jokowi bersama rombongan mengunjungi dua kabupaten itu.(HT)