Bank NTT Gagas Donasi Plasma Konvalesen untuk Warga Terpapar COVID-19

oleh -132 views

Suara-ntt.com, Kupang-PT. Bank Pembangunan Daerah Nusa Tenggara Timur (Bank NTT) menggagas sebuah aksi kemanusiaan yakni donasi plasma konvalesen, untuk membantu warga yang terpapar COVID-19.

Aksi kemanusiaan ini, Bank NTT bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Kupang, Forum Komunikasi Lembaga Jasa Keuangan (FKLJK) NTT dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) NTT.

Rencananya, aksi kemanusiaan ini dilaksanakan pada tanggal 26 Februari 2021 mendatang, bertempat di kantor pusat Bank NTT.

Direktur Utama Bank NTT, Harry Aleksander Riwu Kaho, Rabu (17/2/2021), mengajak masyarakat umum, khususnya para penyintas untuk ikut mendonor plasma konvalesen.

“Besar harapan, lewat aksi kemanusiaan ini, sesama kita yang sedang terpapar bisa terbantu,” ujar Riwu Kaho.

Menurutnya, tidak hanya plasma konvalesen, namun donor darah biasa pun dilakukan bersamaan dengan donor plasma konvalesen.

“Sesuai informasi dari PMI dan orang-orang yang sedang sakit, kebutuhan darah juga sangat tinggi. PMI juga mengalami keterbatasan,” katanya.

Dijelaskan Riwu Kaho, dalam aksi kemanusiaan ini juga diberlakukan protokol kesehatan secara ketat. Siaapun yang hendak mendonor, terlebih dahulu dilakukan rapid test antigen.

“Rapid test antigen nanti dilakukan di halaman belakang kantor pusat Bank NTT,” jelasnya.

Sementara pelaksanaan donor akan dilakukan di lantai 5 kantor pusat Bank NTT. Karena kapasitas ruangan dan secara protokol kesehatan hanya 15 orang, maka akan dilakukan secara bergantian.

“Bagi para pendonor akan disiapkan ‘gift’ dan sejumlah hadiah menarik yang akan kami berikan,” pungkasnya. (HT)