Gubernur dan Wagub NTT Dinyatakan Sembuh dari COVID-19

oleh -54 views

Suara-ntt.com, Kupang-Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Viktor Bungtilu Laiskodat dan Wakil Gubernur, Josef A. Nae Soi kini dinyatakan sudah sembuh dari COVID-19.

Wagub NTT mengatakan, kesembuhan yang dialami oleh dirinya bersama pak Viktor merupakan doa dari seluruh masyarakat NTT pada umumnya.

“Terima kasih masyarakat NTT, wartawan dan semua ASN yang telah mendoakan dengan ikhlas sehingga kami berdua sudah sembuh,”kata Wagub Nae Soi kepada wartawan di Gedung Sasando, Kantor Gubernur NTT, Senin (25/1/2021).

Wagub Nae Soi mengatakan, Gubernur Viktor Bungtilu Laiskodat kini sudah keluar dari Rumah Sakit dan sedang menjalani isolasi mandiri di rumah di Jakarta.

“Beliau mengatakan ke saya bahwa dalam waktu dekat akan kembali bertugas di NTT. Beliau telpon saya dan mengatakan bahwa beliau juga sudah sehat. Sampaikan salam hormat kepada seluruh masyarakat NTT dari kami berdua atas doa yang tulus dari tokoh masyarakat, tokoh agama, dan juga seluruh ASN dan teman-teman wartawan yang telah mendoakan kami berdua sehigga sehat kembali,”ungkapnya.

“Saya ingin agar masyarakat yang mengalami sakit COVID-19, jangan panik dan melakukan perawatan serta isolasi mandiri dengan disiplin. Tingkatkan imunitas tubuh dan juga mengkonsumsi makanan bergizi serta vitamin,”tambahnya.

Ia menjelaskan, awal mula dinyatakan terjangkit virus COVID-19 pada tanggal 6 Januari 2021 usai melakukan tes rapid dan swab yang mana sebelumnya ia mengalami gejala demam tinggi.

“Awalnya saya merasa demam tinggi sehingga saya melakukan rapid tes dan swab lalu saya dinyatakan positif juga nilai CN (Cycle Number) hanya berada pada angka 3 yang artinya saya terjangkit secara luar biasa. Saat itu saya demam sampai 38,9 derajat. Juga batuk dan mulut terasa hambar, serta badan agak lemas, nafsu makan hilang namun penciuman saya masih baik,” ujarnya.

“Dalam keadaan seperti itu saya tidak mau putus asa dan bertekad untuk menghadapi dan melakukan perawatan untuk penyembuhan. Saya isolasi mandiri dirumah dengan kamar tersendiri agar tidak ada kontak dengan anggota keluarga. Saya jaga pola makan, minum vitamin dan antibiotik, juga berolahraga,” jelas beliau.

“Tanggal 20 Januari saya lakukan tes PCR dinyatakan negatif. Besoknya lagi saya tes swab dan dinyatakan mendekati negatif. Tanggal 23 Januari juga saya minta lakukan lagi tes PCR dan dinyatakan negatif juga nilai CN saya yang awalnya 3 sudah naik menjadi kategori diatas 31 artinya kondisi sudah membaik,”bebernya

Dia juga menghimbau masyarakat NTT untuk tetap menjaga imunitas tubuh, menjalankan protokol kesehatan dengan memakai masker, mencuci tangan, dan juga menjaga jarak serta tidak melakukan perkumpulam atau kerumunan.

“Kita sebagai manusia harus berusaha sekuat tenaga untuk menghadapi bersama pandemi ini,”imbuhnya.

Lebih lanjut kata dia, pihak Pemerintah Provinsi NTT akan lakukan rapat kolaborasi bersama Pemerintah Kabupaten/Kota juga himbauan secara serius dan tegas untuk bisa melakukan pencegahan dan menekan tingkat produktivitas penularan covid 19. “Presiden juga sudah instruksikan dana penanganan covid harus terealisasi dengan baik di daerah untuk membantu masyarakat nenghadapi pandemi ini,” pungkasnya.

Dalam kesempatan itu dirinya bahkan menantang para wartawan untuk uji bersepeda. “Kalau mau uji saya sore nanti kita naik sepeda kita bisa uji, saya bisa 15 Km, kemarin saya sudah coba, supaya teman-teman bisa buktikan bahwa saya sedang sehat,” tantangnya. (HT)