Sehati Ungguli Sahabat di Pilkada Belu

oleh -91 views

Suara-ntt.com, Atambua-Berdasarkan data perhitungan sementara dari pusat tabulasi posko pemenangan dari pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Belu, Agustinus Taolin- Aloysius Haleserens dengan tagline Paket Sehati dimana meraup dukungan 48.742 suara atau 50,27 persen.

Sedangkan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Belu Wilybrodus Lay- J. T Ose Luan (Paket Sahabat) memperoleh suara 48.206 suara atau 49,7 persen. Sementara suara tidak sah sebanyak 1.482 suara. Dengan demikian, paket Sehati unggul atas Sahabat pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kabupaten Belu periode 2020-2025.

Rilisan data itu diumumkan secara resmi oleh Calon Bupati Agustinus Taolin didampingi Calon Wakilnya Aloysius Haleserens, Kamis (10/12/2020) pukul 00.30 WITA dini hari.

Menurut Agus, hasil data sudah final sesuai penghitungan real quin count salinan C1 KWK yang dihimpun dari 426 TPS. Ini adalah data autentik dari salinan C1 yang sudah terinput di data tabulasi Rumah Perubahan Sehati. Hasilnya Paket Sehati unggul atas Paket Sahabat.

“Datanya seperti yang saya paparkan ini. Puji Tuhan Sehati unggul. Kemenangan Sehati adalah kemenangan masyarakat Belu,” tandasnya.

Untuk menjaga situasi agar Belu tetap aman, Agustinus mengimbau semua pendukung untuk tenang dan tidak melakukan pawai. Dengan demikian, situasi Belu tetap aman, damai dan kondusif, sambil menunggu hasil resmi dari KPU.

“Terima kasih kepada masyarakat Belu, tim pendukung, pimpinan partai koalisi, KPU, Bawaslu, Polisi, TNI dan semua pihak yang sudah mendukungan kelancaran Pilkada Belu,” pesannya.

Terpisah Sekertaris Tim Pemenangan Wilybrodus Lay- J. T Ose Luan (Paket Sahabat) Jack Karangora menjelaskan hingga kini Paket Sahabat belum umumkan hasil penghitungan suara. Alasannya, data salinan C1 KWK semuanya belum masuk.

“Kita belum mengumumkan hasil resmi. Masih tunggu semua data rampung. Paket Sahabat tetap optimis menang karena hasil selisihnya tipis,” jelasnya.

Jack merincikan sesuai data tabulasi hitungan quin coun, Paket Sahabat berada di angka 48.424 atau 50,08 persen.

Sedangkan paket Sehati di posisi 48.267 atau 49,92 persen.
Data yang masuk sebanyak 408 TPS dan tersisa 18 TPS. Dengan demikian, tenaga operator masih melakukan input dan perbaikan data.

Menurut Jack semua data belum terinput karena ada salinan C1 KWK yang belum tiba. Seperti Kecamatan Raimanuk, Nanaet, dan sebagian Tasifeto Barat, Lamaknen. Hasil input data menggunakan versi foto C1 KWK sehingga angkanya ada yang kurang jelas.

” Kita masih tunggu semua salinan C1 KWK. Salinan C1 jadi acuan sehingga kita pastikan keabsahannya. Proses di ditingkat TPS harus dilihat detail termasuk validasi data yang dipegang saksi-saksi,” jelasnya.(HT/JO)