Wayan Pastikan Semua Item kegiatan Dinas Pariwisata NTT akan Terealisasi di Akhir Tahun

0
5

Suara-ntt.com, Kupang-Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi NTT, Wayan Darmawa memastikan semua rangkaian item kegiatan yang ada di Dinas Pariwisata dan Ekonomi Provinsi NTT akan terealisasi di bulan Desember 2020 atau akhir tahun.

“Kita pastikan bahwa akhir tahun semua item kegiatan di dinas ini akan terealisasi semuanya,” katanya kepada wartawan di ruang kerjanya beberapa waktu lalu.

Wayan mengatakan, kegiatan yang dilakukan pada tahun 2020 sebenarnya fokus pada kegiatan pengembangan pariwisata extreme, pemasaran, pengembangan industri, dan ekonomi kreatif, dan kelembagaan.

Diakui, memang kegiatan di tahun 2020 ini tidak berjalan seperti tahun-tahun sebelumnya, karena ada persoalan pandemi Covid-19 sehingga beberapa kegiatan sempat tersendat.

“Jadi dalam perjalanan memang ada kegiatan yang diluncurkan kembali seperti DAK (Dana Alokasi Khusus), dengan dukungan pembangunan pariwisata extreme,”ungkapnya.

Dikatakan, kegiatan-kegiatan tersebut sejauh ini sedang berjalan dan proyeksikan di akhir Desember 2020 seluruh kegiatan akan terealisasikan semua. Karena kegiatannya tidak besar-besar, termasuk kegiatan-kegiatan pada perubahan anggaran sehingga seluruh kegiatan yang dilakukan dan dilaksanakan dengan mitra kerja.

“Hampir seluruh kegiatan kepariwisataan itu kecuali DAK ini yang kita gunakan pihak ketiga atau swasta. Sedangkan yang bersumber dari APBD, itu rata-rata pihak ketiga yang mengerjakan. Kegiatan lain yang juga kita lakukan yaitu terkait dengan perencanaan penyusunan grand design pariwisata extreme itu juga melibatkan sesuai dengan kebijakan dari pemerintah yang dilakukan kemitraan dengan pihak konsultan,”bebernya

Lebih lanjut kata dia, untuk pekerjaan fisik yang dilakukan masyarakat adalah tambahan pembangunan amenitas yaitu ada pembangunan mess di Pantai Liman Semau Kabupaten Kupang dan proses pembangunan kolam renang di Mulut Seribu Kabupaten Rote Ndao. (Hiro Tuames)