Pemprov NTT Alokasikan Dana Rp 6 Miliar untuk Bantuan Ternak

0
9

Suara-ntt.com, Kupang-Pemerintah Provinsi NTT dalam hal ini Dinas Peternakan pada tahun 2020 mengalokasikan dana sebesar Rp 6 miliar untuk bantuan ternak kepada masyarakat. Bantuan yang diberikan berupa hibah ternak sapi, kambing dan ayam kepada masyarakat.

“Dana yang kita anggarkan untuk semua bantuan itu diperkirakan sebesar enam miliar rupiah,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Peternakan Provinsi Nusa Tenggara Timur, drh. Artati Loasana, M. Si, kepada wartawan, Kamis, (19/11/2020).

Dikatakan, bantuan ternak sapi diberikan kepada 65 kelompok peternak di seluruh wilayah Provinsi NTT. Sedangkan bantuan kambing diberikan kepada 130 kelompok dan 14 kelompok di lokasi destinasi wisata.

“Tujuh kelompok di lokasi destinasi untuk sapi dan kambing sedangkan ayam untuk kelompok stunting,”ungkapnya.

Bantuan hibah ternak sapi yang diberikan pemerintah kepada masing-masing kelompok sebanyak tiga ekor. Sedangkan, ternak kambing, satu kelompok akan diberikan 9 ekor.

Lebih lanjut kata dia, bantuan untuk ternak babi dari pemerintah tahun 2020 ditiadakan karena virus African Swine Fever (ASF) adalah penyakit pada babi yang sangat menular dan dapat menyebabkan kematian pada babi hingga 100 persen. Dan bantuan itu akan diberikan pada tahun 2021 mendatang.

“Karena tidak mungkin dalam situasi begini kita berikan bantuan ternak babi,”bebernya. (Hiro Tuames)