Piter Manuk Terpilih jadi Ketua Kwarda Pramuka NTT secara Aklamasi

oleh -160 views

Suara-ntt.com, Kupang-Mantan Kepala Dinas Sosial Provinsi NTT, Petrus Sinun Manuk terpilih menjadi Ketua Kwarda Prajamuda Karana (Pramuka) secara aklamasi untuk periode 2020-2025 menggantikan Dr. Lusia Adinda Lebu Raya SPd, MM yang menjadi ketua dari 2010-2020.

Kaka Pieter Manuk begitu panggilannya di Pramuka terpilih secara aklamasi setelah enam calon lainnya yakni dr. Heru Cahyono, Dr. Blajan Kondradus (keduanya Pengurus Pramuka NTT) dan Jimi Oktovianus Ndun Sekretaris Kwarcab Pramuka Kota Kupang yang hadir dalam Musda itu mengundurkan diri serta Nyonya Yulia Sutrisno Laiskodat Ketua Tim Penggerak PKK NTT, Penjabat Sementara Bupati Belu Drs. Zakarias Moruk, MM dan drg. Dominikus Minggu Mere yang tidak hadir dalam musda tersebut.

Ketua Presidium Dr. Blajan Kondradus, MA menjelaskan, karena tiga calon yang mengundurkan diri dan tiga calon lainnya tidak hadir maka sesuai AD/ART organisasi Pramuka dan atas kesediaan Sinun Petrus Manuk untuk memimpin Pramuka NTT lima tahun ke depan.

Selaku pemimpin sidang dan atas persetujuan forum rapat musda, agenda pemilihan ketua menjadi penetapan ketua terpilih.

“Semua sepakat untuk ditetapkan maka kami langsung menetapkan kaka Pieter sebagai ketua terpilih,”kata dosen Undana Kupang ini.

Kaka Mance demikian sapaannya mengatakan, jalannya musda lancar, laporan pertanggungjawaban pengurus lama, laporan keuangan dan rencana kerja diterima semuanya.

“Semua senang dan bahagia atas pemilihan ini karena semua Kwarcab tahu seluk-beluk Kaka Pieter selama 15 tahun menjadi Sekretaris Kwarda Pramuka NTT,”ungkap Pembina Pramuka Undana Kupang ini.

Sementara Ketua terpilih Drs. Sinun Petrus Manuk menyatakan siap membawa Pramuka NTT untuk lebih maju.

“Kita sudah siapkan sejumlah program seperti pendataan peserta didik, pembentukan kwartir ranting dan Pramuka Garuda,”kata dia.

“Kita juga siap memenuhi pesan pak Gub saat pembukaan yakni menjadi duta pariwisata, perangi sampah dan menjadi Pramuka milenial,”tambah mantan Penjabat Bupati Lembata ini.

Peserta Musda juga memutuskan tim formatur yang terdiri dari Ketua terpilih Drs. Sinun Petrus Manuk, dosen Undana Dr.Drs.Blajan Kondradus, MA, Sekretaris Kwarcab Kota Kupang Jimi Oktovianus Ndun, SH, Sekretaris Kwarcab Kabupaten Kupang Kamaludin Ratu, SPd dan Sekretaris Kwarcab kabupaten TTS A.Wahab Ariforries untuk menyusun Badan Pengurus Kwarda Pramuka NTT 2028-2025 dalam waktu 14 hari untuk dilaporkan kepada gubernur guna mendapatkan persetujuan dan dilanjutkan ke Kwartir Nasional (Kwarnas) demi penetapannya. (HT/Humas Kwarda Pramuka Provinsi NTT)