Pemda Rote Ndao Akui Masih Kekurangan Dokter Ahli dan Alkes

oleh -24 views

Suara-ntt.com, Ba’a-Hingga saat ini, Pemerintah Daerah Kabupaten Rote Ndao mengakui masih kekurangan dokter ahli seperti dokter anak, dokter bedah, dokter penyakit dalam dan kebidanan. Selain itu ada beberapa alat kesehatan yang belum dimiliki karena anggarannya sangat terbatas.

“Kita masih kekurangan dokter ahli dan beberapa alkes karena anggaran kita masih terbatas,” kata kata Bupati Rote Ndao Paulina Haning Bulu ketika memberi sambutan pada acara peresmian Kecamatan Loaholu serta pengambilan sumpah dan pelantikan penjabat adminstrasi di lingkup pemerintah Kabupaten Rote Ndao di Desa Oelhua, Selasa (20/10/2020).

Bupati Paulina mengatakan, ada beberapa alkes yang dibutuhkan tetapi belum mempunyai anggaran yang cukup untuk membeli alat-alat tersebut.

Dikatakan, alat-alat yang dimaksud antara lain, alat sterilisasi kesehatan dan satu paket lengkap alat kesehatan instalasi loundry serta ambulans laut.

“Karena kami adalah daerah kepulauan sehingga ada kerinduan ada ambulans laut supaya bisa membantu ketika ada masyarakat sakit di Ndao, Nuse, Lando dan sebagainya,”ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Gubernur NTT memberikan bantuan alat kesehatan dan logistik covid-19 kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Rote Ndao sebanyak sembilan item. Ke-9 item bantuan itu antara lain; Infus PUPM (satu unit), Syringe PUPM (satu unit), Oxygen Concentrator (satu unit), Bed Set Monitor (satu unit), APD lengkap (101 paket), Cover All (101 PCS), Mikroskop, Defibrilator (satu unit) dan Polymerase Chain Reaction atau PCR (satu unit).

Untuk diketahui bahwa bantuan alat-alat kesehatan dari Gubernur NTT itu diserahkan langsung oleh Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTT, David Mandala.

Dia mengucapkan terima kasih atas kehadiran gubernur dalam peresmian Kecamatan Loaholu dan semua pihak yang terlibat didalamnya. Selain itu dirinya juga berterima kasih kepada bapak Syabul Taher yang menyerahkan sebidang tanah untuk pembangunan Kantor Camat Loaholu.

Kecamatan Loaholu memiliki 10 desa yakni Desa Mundek, Lidor, Oebela, Balaoli, Boni, Tasilo, Oebole, Tolama, Kululai dan Oelhua. (Hiro Tuames)