Saat Ini Ada 332 Warga NTT Terpapar Posetif Covid-19

oleh -23 views

Suara-ntt.com, Kupang-Berdasarkan data yang dirilis oleh Dinas Kesehatan Provinsi atau Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 NTT, total keseluruhan pasien posetif covid-19 di NTT tercatat sebanyak 332 orang pada Senin, (21/9/2020).

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTT, dr. Meserasi Ataupah mengatakan, jumlah pasien covid-19 di NTT bertambah 11 orang. Penambahan pasien terpapar positif merupakan transmisi lokal dari Kabupaten Ende 8 orang dan 3 orang dari Kabupaten Sikka yang merupakan pelaku perjalanan dari Bali-Denpasar.

Dikatakan, dengan bertambahnya 11 orang yang positif covid-19 maka jumlah kasus pasien terpapar di NTT mencapai 332 kasus.

Dari total tersebut kata dia, jumlah pasien yang sembuh sebanyak 240 orang atau 72 persen sementara pasien terkonfirmasi Covid-19 yang masih menjalani karantina dan dirawat di berbagai rumah sakit di NTT ada 87 orang dan yang meninggal dunia ada 5 orang. Sementara jumlah specimen yang diperiksa ada 188 orang yakni Kota Kupang 16 orang, Ende 66 orang, Sikka 4 orang dan Ngada 14 orang.

Dijelaskan, Kota Kupang jumlah total pasien covid-19 ada 53 pasien dan yang sembuh 41 pasien. Sementara jumlah pasien yang masih menjalani perawatan saat ini 10 orang dan yang telah meninggal dunia 2 orang.

Pasien terpapar di Kota Kupang berasal dari kluster Jakarta, Sukabumi, Makasar, Transmisi Lokal, Denpasar dan pelaku perjalanan dari Malang, Surabaya dan Jakarta.

Untuk Kabupaten Kupang, total pasien sebanyak 7 orang dan 3 orang telah sembuh dan 4 orang yang masih menjalani perawatan. Kluster Covid-19 di Kabupaten Kupang adalah Palembang, Medan, Pelaku Perjalanan dari Jakarta, Palangkaraya dan kluster lokal.

Kabupaten Ende, total pasien Covid-19 tercatat 92 orang, sembuh 79 orang, sedang menjalani perawatan saat ini 13 orang. Kluster Covid-19 di Kabupaten Ende dari kluster Gowa, Magetan, Transmisi Lokal, pelaku perjalanan dari Jakarta dan Bali-Denpasar.

Diharapkan warga NTT tidak boleh menganggap remeh terhadap virus mematikan ini. Tetap menaati protokoler kesehatan yang sudah dianjurkan pemerintah.

“Jangan main-main dengan virus ini. Jaga selalu kondisi kesehatan dengan mengkonsumsi makanan bergizi. Tetap gunakan masker saat bepergian keluar rumah. Tetap jaga jarak dan mencuci tangan pakai sabun. Kita belum tahu sampai kapan virus ini merajalela di seantero dunia ini,” pesan mantan Kepala Dinas Sosial Provinsi NTT ini. (Hiro Tuames)