Dispora NTT Keluar Sebagai Juara Satu Lomba Kebersihan Antar Instansi

oleh -115 views

Suara-ntt.com, Kupang-Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi NTT keluar sebagai juara satu lomba kebersihan antar instansi dilingkup Pemerintah Provinsi NTT dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-75.

Lomba kebersihan itu diinisiasi oleh Biro Umum Setda Provinsi NTT yang bertujuan untuk mendukung NTT Bersih, NTT Sehat, NTT Kuat dan Sejahtera.

Berdasarkan hasil penilaian maka Tim Juri menetapkan 10 Perangkat Daerah (PD) terbaik yakni Dinas Pemuda dan Olahraga Provins NTT, Badan Kepegawaian Daerah NTT, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi NTT, Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi NTT, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi NTT, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTT, Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Provinsi NTT, UPT Sarana Prasarana Dispora Provinsi NTT, Biro Pemerintahan Setda Provinsi NTT dan Badan Keuangan Provinsi NTT.

Sementara enam Perangkat Daerah terkotor dari urutan keenam yakni Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi NTT, Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi NTT, Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah Provinsi NTT, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi NTT, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi NTT dan Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi NTT.

Untuk tiga perangkat daerah dengan peringkat terbaik mendapatkan hadiah piala, sertifikat dan sejumlah uang. Sementara untuk PD dengan kategori terburuk mendapatkan sertifikat dan tong sampah.

Untuk diketahui ada tujuh kriteria yang dinilai dalam komba kebersihan tersebut. Pertama, kebersihan area kantor ditandai dengan tidak ada sampah coretan, debu dan tersedianya wadah untuk matikan puntung rokok . Kedua, kerapihan ruangan mencakup berkas tersusun rapi, ada cahaya, sirkulasi udara. Ketiga, drainase berupa tidak ada air tergenang dan tersedia tempat sampah.

Keempat, ruang terbuka hijau mencakup perawatan tanaman dan tersedia tempat sampah organik dan unorganik. Kelima kebersihan toilet cakup toilet bersih dan wangi, air cukup dan ada tisu. Keenam, tempat pembuangan sampah sementera. Dan aspek ketujuh, kreativitas dalam rangka menyambut HUT Kemerdekaan ke-75 RI.

“Penilaian ini dilakukan secara terbuka dan tertutup. Penilaian terbuka dilakukan dari tanggal 29 sampai dengan 30 Juli 2020. Penilaian tertutup dari tanggal 1 sampai dengan 9 Agustus,” jelas Ina Djara, salah satu anggota tim juri.

Untuk diketahui bahwa Tim Juri dalam lomba tersebut merupakan perwakilan media massa yang terdiri dari tujuh orang yakni Aloysius Tani dari RRI, Kristo Embu dari Harian Timex, Rony Banase dari Garda Indonesia, Syarif Lamabalawa dari Harian Victory News, Hendro Teme dari Radio Tirilolok, Alfons Nenabang dari Harian Pos Kupang dan Ina Djara dari TVRI.

Sebelum acara pengumuman para pemenang lomba, para ASN lingkup Pemprov NTT melakukan senam bersama di Lapangan Upacara Kantor Gubernur NTT.

“Kita mendorong agar masyarakat sadar akan kebersihan. Ini harus dimulai dari ASN dan seterusnya. Dan semangat ini hendaknya menyebar ke seluruh masyarakat sampai ke tingkat RT,” kata Pelakasana Tugas (Plt) Kepala Biro Umum Setda Prpvinsi NTT, George Hadjoh. (HT/Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi NTT))