Dinas Pariwisata NTT Ajak Masyarakat Dukung Delapan Destinasi Unggulan Baru dalam Nominasi API

oleh -79 views

Suara-ntt.com, Kupang- Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi NTT mengajak seluruh masyarakat di manapun berada agar berperan aktif sehingga delapan destinasi unggulan baru itu mendapatkan hasil terbaik dalam ajang pemilihan Anugerah Pesona Indonesia (API) di Tahun 2020.

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi NTT, Wayan Darmawa mengatakan, ada delapan destinasi unggulan baru NTT yang masuk dalam nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) di Tahun 2020.

Ke-8 nominasi tersebut antara lain; Makanan Tradisional Daging Se’i, Sentra Tenun Ikat Ina Ndao (keduanya berada di Kota Kupang), Island Hopping Pulau Meko di Flores Timur, Dataran Tinggi Fulan Fehan di Belu, Kampung Adat Namata di Sabu Raijua, Destinasi Baru Pulau Semau di Kabupaten Kupang, Destinasi Mulut Seribu di Rote Ndao dan Situs Liang Bua di Kabupaten Manggarai.

“Saya mengajak seluruh masyarakat NTT untuk terlibat aktif. Caranya mudah ketik API (spasi)1G untuk Se’i Babi. API (spasi) 5H untuk sentra Tenun Ikat Ina Ndao, API (spasi) 8E untuk Pulau Meko, API (spasi) 10C untuk Fulan Fehan, API (spasi)13C untuk Kampung Namata. Serta API (spasi) 17I untuk Semau, API (spasi) 18D untuk Mulut Seribu dan API (spasi) 12F untuk Situs Liang Bua. Kirimkan masing-masing format tersebut ke nomor 99386. Berlaku bagi semua operator,” harapnya didampingi oleh Sekertaris Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi NTT, Alexander B Koroh serta Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata, Alfonsius Ara Kian kepada wartawan di Kantor Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi NTT, Selasa (4/8/2020).

Dijelaskan, NTT masuk dalam Nominasi dalam API karena banyak kekayaan pariwisata yang mendunia.

Kemudian NTT juga merupakan provinsi pertama yang membuka destinasi pariwisata ditengah pendemi covid-19 pada tanggal 15 Juni 2020 lalu.

“Kita tentunya bangga karena makin banyak destinasi pariwisata di NTT baik alam, budaya, kuliner, situs sejarah dan tenun ikat yang diminati oleh dunia internasional maupun nasional,” jelasnya.

Dikatakan, semakin tinggi partisipasi masyarakat maka semakin besar pula peluang berbagai nominasi asal NTT ini mendapatkan hasil terbaik. Periode votting dan pengiriman sms akan berlangsung dari tanggal 1 Agustus sampai dengan 31 Desember 2020. (Hiro Tuames)