Sambut HUT RI ke-75, Pemprov NTT Gelar Lomba Kebersihan Antar Instansi

oleh -87 views

Suara-ntt.com, Kupang- Dalam rangka memeriahkan dan menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke -75 Pemerintah Provinsi NTT melalui Biro Umum menggelar lomba kebersihan antar instansi.

“Dalam menyambut HUT RI ke-75, kami gelar lomba kebersihan antar instansi dilingkup Pemprov NTT,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Biro Umum Setda Provinsi NTT, George M. Hadjoh kepada wartawan di ruang kerjanya, Kamis (23/7/2020).

George mengatakan, kegiatan tersebut merupakan implementasi keinginan dan mimpi besar Gubernur Viktor Bungtilu Laiskodat untuk merubah wajah NTT dan menjadikan Kota Kupang menjadi bersih dan dimulainya dari lingkup Pemprov NTT.

“Keinginan gubernur adalah merubah wajah NTT menjadi provinsi yang bersih dan kita mulai dari diri sendiri,”ungkapnya.

Semua instansi kata dia, diwajibkan untuk mengikuti kegiatan tersebut. Kemudian soal penilaian panitia telah menyiapkan kriteria -kriteria yang harus diikuti para peserta.

Untuk hadiah lanjutnya, panitia telah menyiapkan bonus berupa uang dan seperangkat alat kebersihan.

“Untuk itu kami siapkan bonus berupa uang dan seperangkat alat kebersihan,” jelasnya.

Lomba Kebersihan Antar Kabupaten/Kota

Pada sisi lain Plt. Biro Umum Setda Provinsi NTT, George M Hadjoh mengatakan, pihaknya berencana untuk menggelar lomba kebersihan antar kabupaten/kota dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) NTT ke-62 yang diperingati setiap tanggal 20 Desember.

“Kami berencana akan gelar lomba kebersihan di tingkat yang lebih besar yakni lomba kebersihan tingkat kabupaten/kota,” ujarnya.

Dirinya meyakini jika hal itu berhasil dilakukan maka Provinsi NTT bisa menjadi salah satu provinsi terbersih.

“Jika berhasil maka kita juga bisa jadi provinsi terbersih,” jelasnya.

Ia menambahkan, sebenarnya untuk menjaga kebersihan merupakan perilaku atau kebiasaan. Untuk itu, lomba merupakan salah satu cara mengasah kebiasaan tersebut.

“Lomba ini juga cara kita membiasakan diri berperilaku hidup bersih,” bebernya. (Hiro Tuames)