Mentan Serahkan Bantuan 43 Unit Tracktor untuk Pemda NTT

oleh -29 views

Suara-ntt.com, Kupang-Menteri Pertanian (Mentan) RI, Syahrul Yasin Limpo menyerahkan bantuan 43 unit tracktor dan satu exacvator kepada pemerintah daerah provinsi NTT.

Penyerahan bantuan itu diterima langsung oleh Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat yang ditandai dengan penandatanganan berita acara serah terima barang di halaman Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi NTT, Jumat (29/5/2020) pagi.

Bantuan itu sebagai bentuk kepedulian pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Pertanian untuk mendukung program pemerintah daerah yakni tanam jagung panen sapi (TJPS).

Untuk diketahui bahwa kunjungan kerja Menteri Pertanian di Provinsi NTT ditengah pandemi corona virus atau covid-19 dalam rangka mensupport pengembangan sektor pertanian di Nusa Tenggara Timur.

Pada kesempatan itu Syahrul Yasin Limpo melakukan peninjauan di Toko Tani Indonesia Centre (TTIC) milik Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi NTT dan melanjutkan perjalanan menuju Desa Manusak Kecamatan Kupang Timur,
Kabupaten Kupang untuk mengikuti pelepasan dua kontainer jagung sebanyak dua ton menuju Surabaya.

Kemudian penyerahan simbolis bantuan benih jagung (hibrida, komposit dan bawang merah) kepada masyarakat setempat. Pada kesempatan yang sama juga akan dipertunjukkan pengolahan lahan dan petani akan menggunakan tracktor di lahan lokasi tanam jagung panen sapi atau TJPS.

“Bapak Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengunjungi Nusa Tenggara Timur dan beliau tiba di Kupang pada Kamis (28/5/2020) sore. Kunjungan kerja itu dalam rangka mensupport pengembangan pertanian di Nusa Tenggara Timur. Kita ucapkan selamat datang kepada Bapak Mentan di tengah situasi pandemi Covid-19, Bapak Menteri dan juga dengan jararannya tetap memberikan perhatian kepada pemerintah dan masyarakat NTT,” kata Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi NTT, Ardu Jelamu Marius di Kupang, Kamis (28/5/2020).

Dikatakan Marius, pada Jumat (29/5/2020) pagi, Mentan Syahrul akan mengunjungi Toko Tani Indonesia Sampel dan menyerahkan secara simbolis sejumlah bantuan tracktor kepada Gubernur NTT di halaman kantor Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi NTT.

“Bantuan Bapak Mentan untuk para petani di NTT, tentu sangat membanggakan kita semua dan memotivasi petani kita untuk bisa bekerja keras dalam rangka meningkatkan kesejahteraan rumah tangga dan masyarakat NTT pada umumnya,”ungkapnya.

Setelah melakukan kegiatan di halaman Dinas Pertanian, kata Marius, Mentan akan menuju Desa Manusak, Kecamatan Kupang Timur, Kabupaten Kupang. Di sana Mentan akan melakukan sejumlah kegiatan, antar lain pelepasan dua kontainer jagung sebanyak dua ton menuju Surabaya.

Kemudian penyerahan simbolis bantuan benih jagung (hibrida, komposit dan bawang merah) kepada masyarakat setempat. Pada kesempatan yang sama juga akan dipertunjukkan pengolahan lahan dan petani akan menggunakan tracktor.

“Tentu sangat menggembirakan karena dari waktu ke waktu mekanisasi pertanian di NTT semakin terlihat. Kita harapkan pengembangan dari pertanian tradisional menuju pertanian berbasis mekanisasi tentu saja sangat perlu untuk para petani kita di NTT,” jelas Marius.

Dikatakan, Mentan juga akan menanam jagung lamuru bersama dengan petani setempat, dan sesudahnya Mentan bersama Gubernur akan melakukan dialog dengan kelompok tani yang ada. (Hiro Tuames)