Pemerintah NTT Siapkan Pesawat dan Halikopter untuk Jemput Sampel Swab di Daerah

oleh -19 views

Suara-ntt.com, Kupang-Pemerintah Provinsi NTT telah menyiapkan pesawat dan helikopter untuk menjemput sampel swab pasien yang terpapar corona virus atau covid-19 dimasing-masing kabupaten atau daerah.

Hal itu dilakukan untuk memudahkan pemeriksaan di laboraterium yang ada di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Prof. DR. W.Z. Johanes Kupang karena saat ini rumah sakit milik Pemerintah Provinsi NTT itu sudah memiliki laboraterium tersebut.

“Kita akan siapkan pesawat dan juga helikopter untuk jemput sampel swab di masing-masing daerah,” kata Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat didampingi Wakil Gubernur NTT, Joseph A. Nae Soi kepada wartawan usai melaunching Laboraterium Swab RSU W.Z Johanes Kupang, Kamis (07/05/2020).

Viktor mengatakan, Laboratorium Swab RSUD Prof. DR. W. Z. Johanes Kupang sudah mulai difungsikan. Sampel Swab yang selama ini dikirim ke Surabaya dan Jakarta sudah bisa diperiksa di Kupang sehingga lebih cepat mengetahui hasilnya negatif atau positif terpapar covid-19.

”Kita bersyukur karena mulai hari ini sampel swab kita tidak perlu lagi mengirimkan ke Jakarta maupun Surabaya. Kita di NTT sudah bisa melakukan pemeriksaan sendiri sampel swab tersebut di laboratorium yang ada di RSUD W.Z. Johanes ini,”ungkapnya.

Dikatakan, dengan adanya laboratorium yang ada saat ini sedikitnya satu hari bisa memeriksa sebanyak 40 sampel swab sehingga tidak perlu membutuhkan waktu yang lama. Jika pemeriksaan pada pagi hari setidaknya sore hari sudah mengetahui hasilnya dan sudah bisa di umumkan.

Menurutnya, penggunaan alat ini diharapkan dapat memantau perkembangan penyebaran Covid-19 di NTT. Dengan demikian, agar jangan lagi seperti yang dialami sekarang ini oleh saudara-saudara yang terpapar sudah melewati masa inkubasi baru mengetahui hasil swabnya.

”Kita bersyukur karena NTT sampai dengan hari ini walaupun saudara kita yang terpapar Covid-19 tetapi mereka masih sehat dan bugar saya sangat yakin bahwa ini adalah anugerah dari Tuhan untuk masyarakat NTT,” tandasnya. (Hiro Tuames)