MPR &BPIP Galang Dana Bersama Telkomsel, Kitabisa serta Gojek Dalam Upaya Tanggulangi Dampak Covid-19 di Indonesia

oleh -30 views

Suara-ntt.com, Jakarta – Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) kembali menginisiasi upaya gotong royong dengan berbagai pemangku kepentingan sebagai upaya penanggulangan pandemi Covid-19 di Indonesia melalui program donasi MPR RI Peduli Lawan Covid-19.

MPR RI bersama Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menggandeng Telkomsel, Gojek, dan Kitabisa untuk mengadakan penggalangan dana bagi para mitra driver, mitra merchant UMKM, dan mitra lainnya di ekosistem Gojek yang terdampak. Dana yang terkumpul akan disalurkan dalam bentuk voucher pulsa untuk meringankan beban biaya sehari-hari, mengingat layanan telekomunikasi merupakan salah satu kebutuhan pokok para mitra Gojek saat bekerja.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengatakan, dalam kerangka menggugah solidaritas serta semangat gotong royong kebangsaan, MPR RI menginisiasi program MPR Peduli Lawan Covid-19 dengan donasi pulsa bagi para pengemudi online, merchant UMKM dan penyedia jasa online lainnya sebagai salah satu elemen masyarakat yang terdampak. MPR RI menyadari bahwa keberhasilan penanganan pandemi Covid-19 dan dampak-dampaknya memerlukan komitmen dan kerja bersama seluruh komponen bangsa. Karena itu, MPR RI bersama Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) mengajak seluruh komponen bangsa dapat menerapkan dan meneladankan rasa solidaritas dan jiwa kegotong-royongan sesama anak bangsa untuk saling peduli dalam melewati masa-masa sulit menghadapi pandemi Covid-19 ini.

Direktur Human Capital Management Telkomsel Irfan A. Tachrir mengatakan, Telkomsel memahami bahwa kebutuhan akan terus terkoneksi menjadi penting, terutama di masa ketika perlu saling menjaga jarak untuk memutus rantai penyebaran Covid-19. Maka dari itu, Telkomsel sebagai connectivity enabler berupaya untuk menghubungkan masyarakat dengan menyediakan jaringan berkualitas dan kemudahan akses telekomunikasi, termasuk bagi mereka yang terdampak langsung seperti para pekerja informal harian. Oleh karenanya, Telkomsel menyambut baik kolaborasi bersama MPR RI, BPIP, Kitabisa dan Gojek dalam memperkuat sikap gotong royong antar lini. Semoga upaya kolektif ini bisa membantu pihak terdampak untuk dapat terus melangkah menghadapi tantangan di masa sulit seperti sekarang.

CEO Kitabisa.com Alfatih Timur mengatakan, Kitabisa.com sebagai platform penggalangan dana, mendukung semua pihak yang ingin melakukan kebaikan, seperti gerakan yang diinisiasi oleh MPR RI dan BPIP bekerjasama dengan Telkomsel dan Gojek dalam bergotong royong untuk membantu masyarakat yang terdampak akibat Covid-19. Inisiasi ini tentu akan membantu masyarakat, khususnya para pekerja informal melewati krisis ini. Pandemi ini bisa dilawan dengan dukungan dan kerjasama banyak pihak.

Sebagai inisiator MPR RI Lawan Covid-19, Ketua MPR RI akan mendonasikan gajinya selama tiga bulan ke laman galang dana Kitabisa. Inisiatif ini diharapkan dapat menginspirasi anggota MPR RI yang terdiri dari 575 anggota DPR RI, 136 anggota DPD RI, seluruh anggota DPRD Provinsi/Kabupaten/Kota seluruh Indonesia, termasuk masyarakat lainnya untuk turut berkontribusi dalam program donasi ini maupun program bantuan sosial lainnya yang bertujuan untuk membantu mereka yang terdampak pandemi Covid-19.

Pelanggan Telkomsel dapat memberikan donasi melalui menu akses UMB *811#, dengan pilihan denominasi 5.000 hingga 25.000 dari deposit prabayar (pulsa) atau pembebanan tagihan pascabayar pelanggan Telkomsel. Selain itu, masyarakat juga bisa berdonasi melalui layanan GoGive yang mudah diakses oleh pengguna di aplikasi Gojek, yang menawarkan opsi donasi mulai dari Rp1.000.
Penggalangan dana ini terbuka dari tanggal 14 April 2020. Seluruh dana akan dihimpun oleh Kitabisa, dan disalurkan dalam bentuk pulsa kepada puluhan ribu mitra di ekosistem Gojek, seperti mitra driver, mitra penyedia layanan, serta mitra merchant UMKM di dalam ekosistemnya di seluruh Indonesia.
Chief of Public Policy and Government Relations Gojek Shinto Nugroho mengatakan, mewakili manajemen Gojek pihaknya menyampaikan apresiasi atas inisiatif MPR RI, BPIP, serta Telkomsel atas kolaborasi penggalangan dana melalui Kitabisa. “Dukungan dalam bentuk pulsa untuk mitra Gojek ini akan meringankan beban biaya harian mitra kami yang saat ini cukup terdampak akibat pandemi ini. Dukungan ini sejalan dengan salah satu pilar program Gojek yaitu membantu meringankan biaya sehari-hari mitra. Sebagai perusahaan anak bangsa yang tumbuh bersama dengan para mitra, Gojek senantiasa berada di garda terdepan untuk membantu mitra kami melewati masa sulit ini,”ungkapnya.

Shinto pun melanjutkan, berbagai inisiatif dan program telah diluncurkan, seperti penghimpunan dana bantuan mitra melalui Yayasan Anak Bangsa Bisa dan 12 Program Kesejahteraan Mitra Driver akhir Maret lalu, untuk mendukung para mitra yang melayani masyarakat dengan aman di tengah pandemi.

MPR RI dan BPIP bersama Telkomsel, Kitabisa, dan Gojek memastikan bahwa bantuan pada program MPR RI Peduli Lawan COVID-19 akan disalurkan sesuai dengan kebutuhan penerima manfaat sehingga dapat tepat sasaran.

Pada kesempatan ini, MPR RI juga terus mengundang pemangku kepentingan lain untuk bersama-sama menjaga Indonesia dengan bergotong royong membantu pemerintah dan masyarakat Indonesia dalam penanggulangan pandemi Covid-19.

Masyarakat yang ingin melakukan donasi bisa langsung mengakses halaman berikut kitabisa.com/mprripeduli.

MPR RI

Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) adalah lembaga negara, lembaga demokrasi, dan lembaga permusyawaratan yang menjalankan mandat rakyat berdasarkan konstitusi. MPR RI memiliki visi sebagai Rumah Kebangsaan, Pengawal Ideologi Pancasila dan Kedaulatan Rakyat. Dengan semangat kebangsaan itu, MPR RI senantiasa mengajak kepada seluruh elemen bangsa untuk bersatu padu menggerakan rasa solidaritas dan gotong-royong dalam menghadapi setiap tantangan dan dinamika kebangsaan, utamanya dalam menghadapi pandemi Covid-19 sekarang ini.

Telkomsel

Telkomsel adalah operator seluler terbesar di Indonesia dengan jumlah pelanggan mencapai lebih dari 170 juta. Untuk melayani pelanggannya yang tersebar di seluruh Indonesia, termasuk juga di daerah terpencil dan pulau terluar serta daerah perbatasan negara, Telkomsel menggelar lebih dari 209.000 BTS. Telkomsel secara konsisten mengimplementasikan teknologi seluler terkini dan menjadi yang pertama melakukan uji coba layanan 5G di Indonesia. Memasuki era digital, Telkomsel terus mengembangkan bisnis digital, di antaranya Digital Advertising, Digital Lifestyle, Mobile Financial Services, dan Internet of Things. Untuk melayani kebutuhan pelanggan, Telkomsel menggelar call center 24 jam, layanan GraPARI di seluruh Indonesia, layanan pelanggan di cs@telkomsel.co.id, facebook.com/telkomsel, Twitter @telkomsel, serta asisten virtual Telkomsel di aplikasi MyTelkomsel, LINE, Telegram, dan Facebook Messenger Telkomsel.

Kitabisa

Kitabisa terus bertumbuh menjadi platform galang dana dan donasi online terbesar dan terpercaya di Indonesia. Kitabisa memfasilitasi jutaan orang baik untuk menyalurkan kebaikan kepada orang yang membutuhkan secara mudah, cepat, dan transparan. Dengan menggunakan teknologi dan terus berinovasi, Kitabisa percaya jutaan orang Indonesia bisa menghasilkan kebaikan dan dampak sosial dalam skala besar untuk menciptakan Indonesia yang lebih baik.

Grup Gojek

Gojek merupakan perusahaan teknologi terdepan di Asia Tenggara, yang memelopori model Super App dan ekosistem terintegrasi. Gojek didirikan dengan keyakinan bahwa teknologi dapat mempermudah kehidupan seharihari dengan menghubungkan konsumen dengan penyedia barang dan jasa terbaik di bidangnya. Sejak awal berdiri pada 2010, Gojek mengawali perjalanannya dengan layanan kurir pengantaran barang dan transportasi roda dua. Aplikasi Gojek pertama kali diluncurkan pada Januari 2015 di Indonesia, dan kini telah berkembang menjadi Super App terdepan di Asia Tenggara, menawarkan berbagai layanan mulai dari transportasi dan pembayaran digital, pesan-antar makanan, logistik, dan berbagai layanan on-demand lainnya.

Gojek kini beroperasi di 207 kota di lima negara di Asia Tenggara. Per kuartal keempat 2019, aplikasi dan ekosistem Gojek telah diunduh hampir 170 juta kali oleh pengguna Gojek di Asia Tenggara. Melansir data dari App Annie ‘2020 State of Mobile Report’, Gojek menjadi aplikasi on-demand paling banyak digunakan masyarakat Indonesia sepanjang 2019.

Sebagai Super App, Gojek berkomitmen untuk terus menawarkan cara pintar guna memecahkan masalah yang masyarakat hadapi sehari-hari, sekaligus membantu meningkatkan kualitas hidup jutaan masyarakat pengguna aplikasi Gojek di Asia Tenggara, khususnya di sektor informal dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Sejalan dengan misinya untuk mempermudah kehidupan sehari-hari serta menciptakan dampak sosial positif dalam skala besar bagi pengguna, mitra pengemudi, mitra penyedia layanan, serta mitra bisnis dan UMKM di dalam ekosistemnya, pada Agustus 2019 Gojek menempati urutan ke-11 dari 52 perusahaan berskala internasional dan menjadi satu-satunya perusahaan dari Asia Tenggara yang berhasil masuk untuk kedua kalinya ke dalam daftar Perusahaan yang Mengubah Dunia versi Majalah Fortune tahun 2019 (Humas Telkomsel).