Pemda Sumba Tengah Keluarkan Instruksi Gunakan Masker

oleh -70 views

Suara-ntt.com, Waibakul –
Pemerintah Daerah Kabupaten Sumba Tengah mengeluarkan Instruksi Bupati Sumba Tengah tentang penggunaan masker bila sedang keluar rumah.

Instruksi ini ditindaklanjuti dari Instruksi Gubernur Nusa Tenggara Timur berkaitan dengan meningkatnya penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Wilayah Provinsi NTT yang berdampak pada aspek politik, sosial, ekonomi, budaya, pertananan dan keamanan serta kesejahteraan masyarakat Nusa Tenggara Timur.

Kedua Instruksi diatas, baik Instruksi Gubernur dan Instruksi Bupati merujuk dari anjuran Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang kini menganjurkan semua warga memakai masker jika sedang keluar rumah.

WHO awalnya menyarankan penggunaan masker hanya untuk mereka yang sakit. Namun, kini semua orang diharuskan memakai masker untuk pencegahan penyebaran dan penularan Covid-19 oleh karena itu, wajib jika keluar rumah harus pakai masker.

Selain instruksi penggunaan masker adapula instruksi lain yaitu penyediaan sarana cuci tangan dan pelarangan makan di rumah makan kepada seluruh Camat dan seluruh Kepala Desa di Wilayah Kabupaten Sumba Tengah.

Dijelaskan bahwa setiap masyarakat Sumba Tengah wajib menggunakan masker kain (non medis) apabila sedang keluar rumah. Selain itu, akan diberikan sosialisasi kepada masyarakat tentang cara pembuatan dan penggunaan masker kain.

Bagi masyarakat dan pedagang dipasar serta sopir kendaraan umum, tukang ojek dan para pekerja di ruang publik disediakan masker berbahan kain untuk digunakan.

Selain instruksi penggunaan masker adapula instruksi lainnya yaitu penyediaan sarana untuk mencuci tangan dengan sabun pada air mengalir di kantor pemerintah, pasar dan fasilitas umum lainnya.
Instruksi pelarangan untuk tidak makan atau membeli makan di rumah makan, tetapi masyarakat diwajibkan bila membeli makan dirumah makan agar membawa pulang untuk dimakan di rumah.

Diharapkan masyarakat agar mengindahkan instruksi ini dan segera menerapkan dalam kehidupan sehari-hari demi pencegahan dan penyebaran Covid-19 di Sumba Tengah. (HT/Humas Sumba Tengah).