Fintech Do-It Gandeng Pemprov NTT Salurkan Pinjaman Modal Untuk 104.188 UMKM

oleh -54 views

Suara-ntt.com, Kupang-Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi (LPMUBTI) atau yang sering dikenal financial technology peer-to-peer leanding PT Glotech Prima Vista (Do-It) akan menggandeng Pemerintah Provinsi NTT menyalurkan pinjaman modal kerja untuk 104.187 usaha mikro kecil menengah (UMKM) di NTT.

PT Glotech Prima Vista (Do-It) berpartisipasi aktif dalam gelaran FinEast di Kota Kupang NTT yang diselenggarakan pada 27-28 Februari 2020 oleh Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI) dan didukung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Dalam kegiatan ini, Jennifer Claudia selaku Founder & CEO Do-It menjadi pembicara dalam sesi talkshow “Explore Your Passion Career in Industry 4.0”.

Jennifer mengatakan, Fintech Do-It saat ini telah memiliki 1.500 peminjam di 22 Kota/Kabupaten se- Provinsi NTT. Dimana salah satu peminjamnya atas nama ibu Windasari Novelia Sudiarta yang menjalankan usaha Geraldy Fotocopy disamping Kampus Poltekkes Kupang.

“Pinjaman dari Fintech Do-It sangat membantu saya untuk kebutuhan yang mendesak. Prosesnya juga cepat untuk pengisian data dan dananya betul cair,” ungkap Winda.

Dikatakan, pada tanggal 28 Februari 2020 Fintech Do-It juga menandatangani MoU dengan Pusat Layanan Usaha Terpadu Provinsi Nusa Tenggara Timur (PLUT NTT).

Dalam nota kesepakatan ini, Fintech Do-It akan menyalurkan pinjaman modal kerja ke lebih dari 100.000 UMKM yang datanya telah tergabung dan yang belum maka wajib bergabung dalam Aplikasi Si-Donal (Sistem Informasi Data Online) UMKM terintegrasi buatan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur melalui Inovasi Hendrik Riwu, S.Sos.MM selaku Kepala Seksi Fasilitasi Usaha Koperasi dan UKM pada Dinas Koperasi Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Nusa Tenggara Timur saat mengikuti PIM IV di lingkup Pemerintah Provinsi NTT Tahun 2018 lalu.

Inisiasi kerja sama ini disambut sangat baik oleh Hendrik Riwu, yang mewakili untuk menandatangani MoU itu.

Menurut Hendrik pinjaman online seperti ini merupakan suatu terobosan baru yang sangat berdampak positif bagi pelaku UMKM di NTT untuk mendapatkan modal usaha secara online dengan cepat dan tepat tanpa melalui tatap muka kapan saja dimana saja.

Untuk Tahun 2020 ini kata dia, akan dilakukan ujicoba di Kota Kupang sebagai pilot project.

“Sesuai visi kami mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, Fintech Do-It terus menjalin kerjasama strategis dengan berbagai pihak untuk membangun ekosistem ekonomi kerakyatan.

Semoga inisiasi kerjasama dengan Pemerintah Provinsi NTT dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya 100.000 lebih pelaku UMKM di NTT” ungkap Eric Fernardo, Government & Public Relation PT Glotech Prima Vista (Do-It). +++ Hiro Tuames